Timnas Indonesia e-Football Juara Piala Asia 2023 Qatar

Posted by : tangkasn February 9, 2024 Category : Advertorial , Gaya Hidup , Nasional
Timnas Indonesia e-Football Juara Piala Asia 2023 Qatar

Timnas Indonesia e-football juara e-Piala Asia 2023 Qatar usai mengalahkan Jepang 2-0 di final pada Senin malam, 5 Februari 2024.

Pertandingan Indonesia vs Jepang berlangsung pukul 19.00 waktu setempat atau pukul 23.00 WIB di Virtuocity Arena, Doha, Qatar.

Ini merupakan pertemuan kedua usai babak penyisihan grup Indonesia dan Jepang bersua di Grup D seperti format pembagian grup pada Piala Asia 2023.

Baca Juga: Timnas Indonesia ke semifinal Piala Asia 2023 eFootball, Cek Jadwal Mainnya

Jika di fase grup kedua tim saling mengalahkan, yakni Indonesia menang 5-1 pada game pertama dan Jepang menang 2-1 pada game kedua.

Maka, pada partai puncak, Indonesia sukses memenangkan kedua leg yang dimainkan. Pada pertandingan leg pertama, Indonesia menang adu penalti 3-2 usai imbang 0-0.

Lalu, pada leg kedua, Indonesia mampu menang 1-0 atas Jepang.

“Atas nama AFC, saya ingin menyampaikan ucapan selamat yang sebesar-besarnya kepada Indonesia atas penampilan fenomenal mereka di AFC eAsian Cup, yang benar-benar menunjukkan bakat luar biasa yang tumbuh subur di Indonesia dan Asia,” ucap Shaikh Salman, Presiden AFC, dikutip dari laman AFC Selasa (6/2).

Baca Juga: Jepang Gugur di Piala Asia 2023, Begini Kata Pelatih Hajime Moriyasu

Indonesia pun menjadi juara gelaran edisi pertama ePiala Asia 2023.

Menariknya, Indonesia mengalahkan negara yang punya game konsol sepak bola eFootball atau yang dulu dikenal dengan Pro Evolution Soccer (PES) yang juga awalnya bernama Winning Eleven.

Merujuk pada laman AFC maupun Konami, game sepak bola virtual eFootball merupakan produksi Jepang yang diluncurkan pertama kali pada 1995.

Inilah yang membuat Jepang punya tekanan untuk dapat menjadi juara edisi pertama gelaran ePiala Asia 2023.

Baca Juga: Mau Liburan sambil Ngadem Bersama Keluarga? Desa-desa Wisata di Trawas, Mojokerto Ini Highly Recommended untuk Didatangi

Namun, juaranya justru Indonesia yang membuat Presiden AFC kagum dan memuji Rizky Faidan dkk.

Menurut laman AFC, pertandingan final Indonesia vs Jepang ditonton lebih dari 200 ribu penonton di kanal YouTube AFC Asian Cup.

“Indonesia adalah juara pertama ePiala Asia! Mereka datang, mereka bermain, dan mereka menaklukkan,” tulis AFC pada unggahan Instagram-nya.

Berpartisipasinya Indonesia di ajang sepak bola virtual ini tidak lepas dari berlaganya Timnas Indonesia di atas lapangan Piala Asia 2023 di bawah kepelatihan Shin Tae Yong.

Baca Juga: Lapis Legit Prunes Gulung yang Lagi Happening, Cantik untuk Isi Hampers Hari Besar Imlek 2024, Simak Resep dan Cara Bikinnya

Format peserta ePiala Asia 2023 juga mengikuti peserta Piala Asia 2023 termasuk juga pembagian grupnya.

Namun, ada beberapa negara yang tidak mengikuti versi virtualnya seperti Irak di Grup D, maupun Hongkong yang justru mundur sebelum turnamen efootball digelar.

Indonesia bermain di ajang ini dengan tiga pemain efootball andalan, yakni Rizky Fadian, Elga Cahya, dan Akbar Paudie.

Baca Juga: Deretan Makanan Khas Imlek yang Dipercaya Membawa Keberuntungan, Ada Kue Keranjang Hingga Kue Bulan

Maka, jika Indonesia ingin mempertahankan gelar edisi 2023 ini, Timnas Indonesia versi lapangan hijau harus kembali lolos ke putaran final 2027 Arab Saudi.

Syarat lolos ke putaran final tersebut adalah melaju ke putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 yang juga menjadi persyaratan bermain di Piala Asia 2027.

Menarik untuk ditunggu apakah Indonesia dapat kembali bermain di Piala Asia 2027 versi lapangan maupun virtualnya.

Selamat juara, Indonesia! (*)

sumber: https://www.sapanusa.id/olah-raga/30167393/timnas-indonesia-e-football-juara-piala-asia-2023-qatar-kalahkan-negara-yang-punya-game

RELATED POSTS