Penenggelaman Kapal Kementerian KKP Guna Jaga Pasokan Ikan di Indonesia

TANGKAS – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sudah melakukan penenggalaman kapal guna memberantas illegal fishing.

Penenggelaman kapal, menurut Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, bukan hanya untuk menjaga produk ekspor ikan, tapi juga menjaga pasokan ikan di Indonesia.

“Penenggelaman kapal, intinya bukan untuk menjaga produk ekspor ikan, tapi menjaga kecukupan ikan untuk anak-anak bangsa,” ujar Menteri KKP pada Senin (23/11) di Jakarta

Dia pun menjelaskan pentingnya konsumsi ikan bagi anak-anak bangsa. Sebab, kandungan pada ikan, protein dan omega 3, sangat berguna untuk peningkatkan kecerdasan otak.

Selama satu tahun, papar Susi, penenggalaman kapal juga berdampak pada hasil tangkapan ikan nelayan. Kenaikan hasil tangkapannya mencapai 240 persen. Menurut dia, 10 juta ton ikan masuk ke pasar-pasar ikan di seluruh Indonesia.

“Hasilnya, di pasar-pasar seluruh Indonesia sudah banyak ikan dan naik 240 persen. Ikan-ikan tangkapan laut naik 40 persen jumlah tangkapnya. Yang mana sudah hampir 10juta ton masuk di pasar ikan kita,” terangnya.

Di acara puncak Hari Ikan Nasional ke-2 ini, Susi juga meminta kepada para pengusaha untuk membeli ikan langsung ke nelayan, supaya memberi kesejahteraan tambahan bagi nelayan.

“Saya ingin para pengusaha ikan maupun daging ikan olahan, mengambil ikan langsung dari nelayan kita. Supaya nelayan kita juga makmur dan anak-anak Indonesia menjadi lebih cerdas dan lebih sehat”, Tegas Menteri KKP.

NINGSIH

EDITOR : DD BIN