Yuk , Lebaran 2019 Bersama Presiden Jokowi di Istana Pada Rabu 5 Juni

TANGKASNews – “Ketika hal itu terjadi, maka bulan Ramadhan tahun ini digenapkan jadi 30 hari. Itu artinya besok hari Selasa kita masih puasa karena besok masih Ramadhan. Dengan demikian, 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019. Itulah hasil sidang isbat kali ini.”

Pernyataan ini disampaikan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin yang menyatakan Lebaran 2019 ditetapkan pada Rabu 5 Juni lusa mendatang dalam gelar pers Konfrens hasil sidang isbat di Kantor Kemenag , Senin (3/6/2019) malam.

Menag Lukman menuturkan bahwa berdasarkan pantauan hilal yang dilakukan, tidak ada satu pun yang berhasil melihat hilal.

“Proses penetapan ini dimulai setelah ibadah shalat Magrib. Masing-masing perwakilan Kemenag yang tersebar di 105 titik melaporkan hasil hisab dan pantauan rukyatul hilal di titik masing-masing,” paparnya.

Hadir dalam sidang Isbat Kemenag tersebut diantaranya DPR, MUI, ormas-ormas Islam, serta perwakilan negara sahabat.

Ditempat yang terpisah, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan bahwa Presiden Jokowi juga akan menggelar open house atau halal bihalal untuk masyarakat di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (5/6).

“Beliau ada di sini nanti akan salat Id di seputaran sini, setelah itu akan membuka open house di Istana. Rencananya begitu ya,” tutur Moeldoko, Senin Siang.

Pernyataan ini sebelumnya juga sudah disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi saat meninjau persiapan mudik di Sta Pasar Senen pekan lalu (31/5). “Saya Lebaran di Jakarta,” ucap Kepala Negara.

Gelar Open House Idul Fitrib1440 H yang digelar Presiden Jokowi di Istana Negara pada rabu mendatang itu terbuka untuk masyarakat umum.

Red
Editor : Intan