Wujudkan Nawacita Jokowi, Kemenkop UKM dan PIKKO Gelar Temu Bisnis Industri Komponen Otomotif

TANGKASNEWS – Dalam rangka mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik sebagai salah satu apa yang tercantum dalam Nawa cita Presiden Jokowidodo, Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Perkumpulan Industri Kecil dan Menengah Komponen Otomotif (PIKKO) menggelar sebuah even yang bertajuk ‚ÄúTemu Bisnis Perluasan Kerjasama Koperasi dan UKM dibidang Industri Komponen Otomotif.”

Menurut keterangan rilis dari Ketua Umum PIKKO, Rosalina Faried, Senin (31/7 ) malam acara tersebut akan diselenggarakan pada Rabu (2/8) di Kota Bekasi dengan menghadirkan para CEO bidang otomotif dari APM yang beroperasi di Indonesia.

Rosalina menambahkan industri dan koperasi sebagai salah satu sektor strategis oleh pemerintah dipandang mampu memberikan sumbangan, baik dalam meningkatkan nilai tambah sumber daya maupun perluasan lapangan dan kesempatan kerja. “Namun dalam kaitan Produksi dan Pemasaran, disadari bahwa para UKM (Usaha Kecil Menegah) dibidang Industri Komponen Otomotif masih menghadapi permasalahan seperti permodalan, kapasitas SDM, iklim usaha, akses pemasaran. Dilain pihak bisnis otomotif dan industri pendukungnya saat ini mengalami peningkatan cukup baik, dan prospek bisnis otomotif dimasa mendatang juga masih sangat bagus,” jelasnya.

PIKKO , tegasnya , menilai event hasil kerjasama dengan Kemenkop UKM menjadi ajang untuk memperlihatkan kemampuan pelaku industri kecil dan menengah kepada produsen otomotif yang besar.

“Dari gambaran ini, diharapkan dapat mengurai untuk menjalin kerjasama IKM dengan Pelaku skala Tier-1 atau Tier-2, dengan tetap mengedepankan aspek QCD (Quality-Cost-Delivery) tentunya,” terangnya.

Sedangkan Asisten idang Produksi dan Pemasaran-Kementerian Koperasi dan UKM RI, Wayan Dipta mengatakan terselenggaranya Temu Bisnis ini ditujukan guna mewujudkan komitmen tersebut dibutuhkan strategi dan upaya yang terencana, terpadu lintas sektor, bertahap dan berkesinambungan dalam rangka peningkatan kapasitas dan wawasan pelaku usaha dalam lingkup Koperasi dan UKM bidang industri komponen otomotif.

Untuk itu, Kemenkop UKM dan PIKKO menghadirkan beberapa CEO bidang otomotif dan bidang otomotif dari APM yang beroperasi di Indonesia guna memberikan gambaran tentang anatomi bisnis komponen otomotif yang ketat dengan aspek kualitas sehingga IKM tidak saja paham, juga bisa memberikan wawasan yang lebih utuh.

Selanjutnya, Victoria Simanungkalit-Asisten Deputi urusan Industri dan Jasa, Kementerian Koperasi dan UKM mengutarakan Hasil penyelenggaraan Temu Bisnis ini akan dijadikan referensi untuk merumuskan kebijakan Kementerian Koperasi dan UKM dalam mendorong koperasi dan pelaku usaha komponen otomotif agar lebih maju dan bisa bersaing dalam meraih peluang bisnis otomotif di tanah air.

Dipilihnya Bekasi, tegas Viktoria, dengan mempertimbangkan bahwa Bekasi merupakan bagian dari basis industri otomotif di Indonesia.

RED
EDITOR : INTAN