Wujudkan ASEAN CAR Pemerintah, IOI dan MAI Gelar Morning Breafing di Jakarta

TANGKASNews – Malaysian Automotive Institute (MAI) dan Institut Otomotif Indonesia (IOI) sepakat untuk mewujudkan segera lahirnya ASEAN Car (Kendaraan bersama ASEAN) sebagai tindak lanjut kerjasama (MOU) antar dua negara Indonesia Malaysia yang telah disepakati dalam pertemuan Presiden RI Jokowidodo dan Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir Mohamad pada Jumat , 29 Juni lalu.

 

Pernyataan ini disampaikan Ketua Ekskutif , Muhammad Madani Sahari usai gelar pertemuan morning breafing bersama Presiden Institut Otomotif Indonesia (IOI), Made Dana Tangkas di salah satu ballroom hotel di kawasan Jakarta, pagi tadi ,Selasa (23/10).

 

Pada pertemuan hari ini, lanjut pria dengan sapaan Datuk Mardani ini menambahkan bersama IOI kami lebih membahas komitmen kerjasama baik secara teknis dan supply chain dalam mewujudkan Asean Car.

 

Sedangkan Presiden IOI, Made Dana Tangkas mengutarakan pada pertemuan hari ini kita membahas bagaimana melibatkan para pelaku IKM otomotif baik di Indonesia maupun Malaysia dalam mewujudkan bersama ASEAN Car ini.

 

“Sehingga dalam pertemuan pagi ini kita juga mengajak beberapa asosiasi IKM seperti PIKKO (Perkumpulan Industri Kecil Komponen Automotif),” sambungnya.

 

Selain itu, Made DanaTangkas juga mengutarakan pertemuan kali ini kita juga membahas terkait peningkatan kualitas SDM masing masing negara yang tersertifikasi, sehingga nantinya bisa saling mengisi dan tukar menukar SDM dalam pengembangan Industri Otomotif khususnya ASEAN CAR.

 

Lebih lanjut, Advisor dari PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ini menambahkan IOI dan MAI juga sepakat melakukan riset pengembangan Industri Otomotif bersama antara Indonesia Malaysia.

 

Namun hal yang paling penting, tegas Made Dana Tangkas menegaskan pertemuan hari ini lebih fokus membahas terkait persiapan produksi ASEAN CAR, seperti apa yang telah disepakati antara Kepala Negara Indonesia dan Malaysia.

 

“Hari ini kita lebih fokus membahas terkait strategi, teknikal dan berbagai hal terkait persiapan prototype Asean Car seperti apa yang disepakati Bapak Presiden Jokowi dengan PM Malaysia, Matahir pada akhir Juni lalu, ” pungkasnya.

 

Seperti dilansir dalam media Asian News Network pada 10 Agustus 2018, Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia Darrell Leiking  mengatakan berdasarkan MOU yang telah disepakati bahwa project ASEAN CAR ini nantinya akan dikerjakan oleh pihak MAI mewakili Malaysia, dan IOI mewakili Indonesia.

 

“Ini menunjukkan bahwa Malaysia dan Indonesia … harus tetap bersama dalam pembangunan ekonomi dan sosial kawasan Asean,” ┬ápungkas Leiking saat penandatanganan di Istana Bogor , Jawa Barat Juni Lalu.

 

Tampak hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum PIKKO, Rosalina Faried dan beberapa petinggi dari IOI maupun MAI.

 

Red

Editor : Intan