Walkout, PDIP Nyatakan PAN Keluar Dari Koalisi Pemerintah

TANGKASNEWS – Akhirnya, DPR mengesakan RUU Pemilu dalam rapat paripurna yang digelar pada Rabu (20/7) di Gedung Parlemen Senayan Jakarta.

Rapat Paripurna DPR yang berjalan Alot diwarnai dengan aksi walkout beberapa fraksi diantaranya PAN, Demokrat, dan Gerindra. Ada pun yang diperdebatkan sebelum disahkan adalah sebagai berikut:

– Ambang batas presiden: 20/25 persen
– Ambang batas parlemen: 4 persen
– Sistem pemilu: terbuka
– Alokasi kursi per dapil: 3-10
– Metode konversi suara: sainte lague murni

Aksi Walkout PAN, Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira menyatakan Pihaknya telah menganggap PAN tidak lagi tergabung dalam koalisi pemerintahan Jokowi – JK.

“Dengan sikap PAN yang tidak sejalan dengan usulan pemerintah, sebenarnya secara materil PAN sudah tidak ada dalam kerja sama partai-partai pendukung pemerintah,” tuturnya di Jakarta, Jumat (21/7).

Untuk itu Andreas menekankan bahwa tanpa diminta pun PAN telah menunjukan sikapnya keluar dari koalisi pemerintah, karena adanya kontra dengan usulan pemerintah.

Hal senada disampaikan Fraksi Gerindra DPR yang menegaskan sistem Presiden Thresold yang tercantum dalam RUU Pemilu sangat bertentangan dengan konstitusional, UUD 1945.

RED
Editor : Intan