VW Dinyatakan Gagal Dalam Melindungi Udara Bersih

TANGKAS OTO – Mobil-mobil Volkswagen (VW) dengan mesin berkapasitas besar juga didapati dipasangi piranti khusus yang bisa memanipulasi uji emisi.

Demikian hasil penyelidikan baru oleh Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) yang diumumkan pada Senin (02/11).

“VW sekali lagi gagal mematuhi peraturan yang melindungi udara bersih bagi semua warga Amerika Serikat,” kata Cynthia Giles, pejabat EPA.

Mobil-mobil mewah Volkswagen yang ditemukan sudah dipasangi piranti khusus, menurutnya, meliputi Porsche dan Audi keluaran antara tahun 2014 hingga 2016.

Jumlahnya diperkirakan mencapai setidaknya 10.000 unit di Amerika Serikat.

Ditambahkannya, penyelidikan baru difokuskan mesin kapasitas tiga liter yang biasa digunakan di model mobil lebih besar dan lebih mahal.

Menanggapi laporan EPA, VW menepis tudingan terbaru ini.

Skandal manipulasi diungkap pertama kali oleh Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat pada bulan September tahun ini menyusul penyelidikan pada mobil-mobil dengan mesin di bawah dua liter.

EPA menemukan bahwa mobil-mobil diesel yang dipasangi piranti khusus bisa mendeteksi bahwa mobil-mobil tersebut sedang menjalani uji. Dengan demikian alat khusus ini bisa mengubah kinerja mobil yang membuka kemungkinan terjadinya manipulasi hasil uji emisi.

VW sendiri kemudian mengakui setidaknya 11 juta kendaraan perusahaan itu dipasangi piranti tersebut.

Pengakuan itulah yang mendorong EPA melakukan uji lebih lanjut di kendaraan-kendaraan yang memiliki mesin kapasitas besar.

Anton.S

EDITOR : DD BIN