Travel Mart STP Bandung Ajang Pembentukan SDM Profesional dan Berdaya Saing

TANGKAS – Usai sukses dalam pelaksanaan Asia Tourism Forum 2016, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) kembali menggelar event pameran sebagai bentuk peningkatan kualitas SDM yang berdaya saing dalam menghadapai era pasar bebas atau MEA.

STP Bandung pada 11 – 12 Mei 2016 di Kampus STPB menggelar event pameran “Travel Mart” yang mengusung tema “ The Other Side Of Parahyangan” dengan tagline ” Leisure for Pleasure”.

Menurut informasi dari Ketua Panitia Penyelenggara Marsianus Raga, MM.Par pada Rabu malam (11/5) menjelaskan “Travel Mart” STP Bandung 2016 ini ebagai kristalisasi kompetensi dan ajang promosi pariwisata. Selain itu ada kegiatan table top untuk membuka wawasan mahasiswa tentang bagaimana menjual dan memasarkan produk dan jasa, khususnya jasa di industri perjalanan.

Marsianus menjabarkan dalam event ini diikuti oleh 9 Seller terdiri ENHAII Travel (8 Kelompok), Grand Cokro Hotel, Park View Hotel, Universal Travel, Zodra Outbond, Street Gournet, Bandung Off Road, dan Anjunga Kalimantan Timur.

Marsianus menambahkan dari pihak buyer hadir dalam Travel Mart STP Bandung ini seperti Gestour, PT.Sakata Convexia, Visi Tour, dan Universal Holiday, Honda, Magnolia Hotel, Riverboarding Team, Proconfo Jakarta, PT. Telkom, Excellent Tour, Safari Tour, Anggota ASITA Jabar, dan ASITA Jawa Timur.

Hari pertama Rabu (11/5), Travel Mart ini diisi dengan kegiatan “Exhibition dan Table Top serta Gala Dinner.

Hari Kedua Kamis (12/5),  Travel Mart melaksanakan  kegiatan workshop yang mengusung tajuk Evaluasi Penyusunan Paket Tour dan Ekskursi.

Di tempat yang berbeda, Ketua STP Bandung, DR.Anang Sutono, CHE menyampaikan kegiatan Travel Mart merupakan kebutuhan bagi stakeholder pariwisata.

“Bagi Mahasiswa , Kegiatan ini merupakan implementasi dari integrated kurikulum termasuk ACCSTP (ASEAN Common Competensi Curriculum in Tourism Professional dan CBT – CATS,” ujar Anang dalam keterangannya pada Rabu malam (11/5).

Anang menambahkan Travel Mart STP Bandung sebagai ajang pengembangan produk paket kreatif dan inovatif. ” Ada kalanya sebagai ajang pendekatan SDM Pariwisata dengan End Market (Buyer) yang dinamis dan makin variatif.

Bagi STP Bandung khususnya, Anang mengutarakan pameran ini sebagai bentuk sustainability dan komitmen nyata membangun SDM Profesional dan Handal.

Lebih lanjut,  Senior Pariwisata asal Ngawi ini berharap agar para mahawasiswa khususnya di STP Bandung mempunyai jiwa “Individu Competitiveness” dan nantinya mampu bersaing dalam menghadapi era persaingan pasar bebas (MEA).

“Saya bersyukur bahwa kita selalu mampu berbuat yang terbaik bagi stakeholder pariwisata demi Wonderfull Indonesia,” ujar Anang.

” Saya mempunyai komitmen dan harus mampu membangun wonderfull people (SDM) secara terus menerus dengan tanpa mengenal lelah, “Continuous Quality Enrichment”,” tegasnya.

Seperti sebelumnya dijelaskan oleh Jimmy A.Jacub, Sub bagian Kependidikan dan Kerjasama STP Bandung mengatakan event Travel Mart merupakan agenda tahunan yang telah dilaksanakan sejak tahun 1999. (baca : Tingkatkan SDM, STP Bandung gelar Travel Mart )