TNI Siap Berikan Bantuan Pengamanan Pelaksanaan Pemilu 2019

TANGKAS – Pesta Demokrasi di tahun 2019 mendatang akan menjadi ajang pemilihan yang berbeda dari tahun sebelumnya. Pasalnya, Pemilu 2019 mendatang, dimana Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (PilPres) akan dilaksanakan secara bersamaan.

Terkait hal tersebut, pada Selasa (13/12) Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo dipanggil pihak DPR guna mengikuti Rapat Panitia Khusus (Pansus) RUU Pemilu di Gedung Parlemen Senayan , Jakarta.

Dalam keterangannya, Panglima TNI menyampaikan bahwa pihaknya diberikan mandat untuk turut menjaga keamanan dalam pelaksanaan pileg dan pilpres 2019 mendatang.

“Saya terkejut tahu-tahu saya diundang ke sini, tapi masalah keamanan singkat saja, bahwa sesuai keputusan MK bahwa Pemilu menjadi seuatu keharusan menjadi satu (serentak). Sehingga yang menjadi perhatian untuk pengamanan dalam pemilihan legislatif saja itu sudah sangat luat biasa,”  tutur Gatot kepada rekan media.

Gatot menambahkan bahwa TNI akan selalu siap memberikan bantuan keamanan tambahan dalam pelaksanaan Pemilu 2019, karena TNI juga menyerahkan persoalan keamanan kepada Polri.

“Masalah hukum itu tentu nantinya disampaikan oleh Kapolri, kalau kami di TNI amanatnya kami siap diperbantuan sesuai dengan ketentuan UU yang berlaku ketika diperlukan kepolisian,” jelasnya.

RED
EDITOR : INTAN