Tingkatkan Petahanan TNI AL, Pemerintah Resmikan Dermaga Tawiri Maluku

TANGKASNews – Dalam rangka memperkuat petahanan TNI AL di wilayah Indonesia bagian timur, Pemerintah meresmikan Penataan Kawasan Dermaga Tawiri serta proyek Revitalisasi Pantai dan Penataan Kawasan Wainitu di Ambon pada Rabu (9/1).

 

Acara peresmian Dermaga Tawiri ini dilakukan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dan didampingi Gubernur Maluku Said Assagaff dan Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua .

 

Menkeu dalam keterangan tertulisnya menyampaikan bahwa Pembangunan Dermaga Tawiri dibiayai dengan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) demgan mengalokasikan dana SBSN total sebesar Rp130 miliar dalam dua tahun anggaran, yaitu Rp 20 miliar untuk tahun 2016 dan Rp110 miliar untuk tahun 2017.

 

Pembangunan Dermaga Tawiri ini, Sri Mulyani menuturkan adalah untuk menggantikan dermaga TNI AL di Desa Halong yang harus dipindahkan karena kapal perang TNI AL tidak bisa merapat setelah adanya pembangunan Jembatan Merah Putih.

 

“Selain itu, kami juga meresmikan proyek Revitalisasi Pantai dan Penataan Kawasan Wainitu. Revitalisasi pantai dan penataan kawasan Wainitu penting untuk memperkuat perekonomian di kota Ambon. Proyek ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah untuk membangun dari daerah pinggiran,” paparnya.

 

Sri Mulyani berharap dengan diresmikan beberapa Infrastruktur ini, dapat membantu pertumbuhan ekonomi di daerah tertinggal wilayah Maluku. “Dengan adanya fasilitas yang dibangun oleh Pemerintah, saya berharap kegiatan ekspor dan impor dapat ditingkatkan. Kami akan siap membantu untuk meningkatkan perekonomian di Maluku, terutama bagi daerah-daerah yang masih tertinggal,” pungkasnya.

 

Red

Editor : Intan