Tangkap Investor Industri, Menperin Kunjungi Daihatsu Technology Centre Jepang

TANGKAS – Sejak tahun 2010, Jepang merupakan salah satu negara sumber utama investasi asing di Indonesia. Nilai investasi Jepang yang sudah masuk ke Indonesia sejak periode tersebut mencapai USD 16 miliar. Investasi ini mencakup beberapa sektor seperti industri otomotif, logam, mesin dan elektronika.

Sementara itu, realisasi investasi Jepang di Indonesia pada tahun 2015 mencapai USD 2,87 miliar atau mengalami peningkatan sebesar 6 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan total 2.030 proyek, realisasi investasi tersebut menyerap tenaga kerja sebanyak 115.400 orang.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto didampingi Dirjen ILMATE Kemenperin Gusti Putu Suryawirawan di Hari pertama kunjungannya ke Jepang melakukan pertemuan Presiden Direktur Daihatsu Co Ltd. Masanori Mitsui dan Presiden Direktur guna melihat fasilitas research and development Daihatsu Technology Center di Osaka, Jepang, Kamis (13/10).

Sebelumnya, Airlangga mengatakan bahwa kunjungannya ini juga dalam rangka memperoleh informasi dan gambaran langsung secara menyeluruh mengenai perkembangan teknologi dan investasi di sektor industri yang dilakukan oleh Jepang, seperti di sektor otomotif.

Dalam kunjungannya di Osaka, Menperin bertemu dengan peserta Program Intra Company Transferee (ICT) dari Indonesia. Dimana Program ICT ini merupakan program Daihatsu untuk pelatihan SDM, sekaligus sarana transfer teknologi bagi perusahaan dibawah binaan Daihatsu.

Menperin Airlangga dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja di Jepang selama 3 hari hingga 16 Oktober mendatang.

Turut mendampingi Menperin dalam kunjungannya, Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor Indonesia Sudirman MR dan Presiden Institut Otomotif Indonesia, Made Dana Tangkas.

RED
EDITOR ; INTAN