Suzuki Berikan Donasi 1 Unit APV Kepada SMKN 5 Jakarta di GIIAS 2016

TANGKAS  – Peran serta Suzuki Indonesia dalam Program Students Day di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 dengan mendatangkan puluhan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada Kamis (18/8) di ICE BSD Serpong Banten.

Sebagai salah satu bentuk komitmen Suzuki untuk mendorong kemajuan pendidikan di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerjasama dengan Seven selaku organizer GIIAS 2016 kembali mengadakan Student’s Day di Booth Suzuki GIIAS 2016 dengan mengundang 52 Siswa dari SMKN 5  Jakarta, untuk belajar dan mengikuti talkshow yang bertemakan “Perkembangan Teknologi Otomotif Smart Hybrid Vehicle”. Dalam acara ini, Suzuki juga menyerahkan donasi 1 (satu) unit APV kepada SMKN 5 Jakarta sebagai salah satu program corporate social responsibility.

Dwi Tjahayanto, Department Head Strategic Planning PT SIS menjelaskan, “Kami melihat bahwa saat ini belum banyak siswa yang mengikuti perkembangan teknologi di dunia otomotif salah satunya mengenai Green Technology. Padahal, dunia pendidikan dan dunia industri harus selaras agar menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk kemajuan industri otomotif tanah air. Oleh karena itu kami mengadakan acara ini agar para pelajar mengetahui lebih dalam mengenai “Green Technology” yang diterapkan melalui teknologi Smart Hybrid Vehicle yang sudah digunakan di mobil Suzuk.”

Hal ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap tema “Green Technology” yang dikampanyekan di GIIAS 2016. Melalui talkshow ini, Suzuki berharap para pelajar memahami penggunaan “Green Technology” serta manfaatnya bagi kelestarian lingkungan di masa depan. Kemajuan teknologi merupakan hasil dari pengembangan pendidikan terbaik, sehingga kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi para pelajar Indonesia untuk bisa berkarya menciptakan teknologi-teknologi baru yang bermanfaat bagi masyarakat.

Selain pembicara dari Suzuki, PT SIS juga mengundang Sigit Santoso, Editor Liputan6.com untuk berbicara mengenai perkembangan terbaru “Green Technology” di dunia otomotif kepada para pelajar dan mahasiswa tersebut.

Dalam talkshow, Sigit Santoso menerangkan bahwa saat ini tren dunia otomotif ke depan menggunakan produk ramah lingkungan melalui konsep “Green Technology”. Teknologi ini hasil pengembangan dan penerapan produk yang dapat melestarikan lingkungan alam serta penggunaan sumber daya yang lebih efisien. Salah satu contoh bentuk efisiensi adalah minimalisasi penggunaan bahan material yang berbahaya dan dapat merusak lingkungan.

Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) merupakan sistem hybrid ringan (mild hybrid system) yang terdiri dari mesin bakar internal dan ISG (Integrated Starter Generator). ISG merupakan generator dengan fungsi sebagai motor listrik yang akan meringankan kerja mesin selama akselerasi. Pada saat kendaraan berdeselerasi atau idle, ISG akan mendapatkan asupan tenaga listrik yang akan dihimpun dan dikirim ke baterai lead-acid dan baterai Lithium-ion. Tenaga listrik yang tersimpan ini lah yang akan digunakan untuk meringankan kerja mesin selama akselerasi. SHVS telah digunakan di mobil-mobil kecil seperti Suzuki Ciaz, iK-2 dan iM-4 Concept Car.

Dalam acara tersebut, SIS memberikan donasi satu unit APV kepada SMKN 5 Jakarta sebagai implementasi program CSR dari Suzuki Indonesia.

RED
EDITOR: INTAN