Skandal Emisi VW Terancam Denda Triliyunan Rupiah

TANGKAS OTO – Terkait skandal emisi, raksasa otomotif Jerman, Volkswagen (VW) harus berhadapan dengan hukum dan terancam didenda puluhan triliun rupiah . Bos VW Martin Winterkorn dikabarkan mendukung peneyelidikan yang akan digelar Kementerian Transportasi negeri tersebut.

Setelah skandal emisi tersebut muncul ke permukaan, saham VW jatuh hingga lebih dari 18% pada Senin (21/9) waktu setempat.
Skandal emisi itu terkuak saat Dinas Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (AS), menemukan peranti lunak pada sejumlah model VW berbahan bakar diesel yang diduga kuat bisa memanipulasi uji emisi. Pasca temuan tersebut, beberapa negara seperti Korea Selatan dikabarkan bakal melakukan investigasi terhadap mobil-mobil besutan VW.

Kementerian Lingkungan Korea Selatan bahkan menyebut penyelidikan juga akan dilakukan terhadap mobil-mobil besutan Audi yang mayoriotas sahamnya juga dikuasai VW. Bahkan, kalau memang ditemukan masalah, bakal diperluas ke semua mobil produk Jerman bermesin diesel.

Penyelidikan tersebut, difokuskan kepada lebih dari 4 ribu unit VW Jetta dan VW Golf termasuk Audi A3 yang diproduksi tahun 2009 serta 2015. Image copyright AFP Image caption VW pun diperintahkan menarik setengah juta mobil yang sudah dilepas ke pasar sejak tahun 2008 lalu.

Selain harus membayar biaya penarikana termasuk di AS sebanyak setengah juta unit, VW juga diancam hukuman denda miliaran dolar AS atau puluhan triliun rupiah. Bahkan, para petinggi di perusahaan pun terancam dipidana.

Sementara itu, Gedung Putih AS dilaporkan cukup terganggu oleh kelakuan VW. Winterkom, sang bos VW dilaporkan sudah menyampaikan permintaan maaf atas skandal ini.

Anton . S

EDITOR : DD BIN