Sidang Paripurna DPR Tidak Bahas Pergantian Kepala BIN

TANGKAS – Hari ini, Dewan Perwakilan Rakyat menggelar Sidang Paripurna membahas pandangan fraksi terkait Rancangan Undang Undang (RUU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 dan nota keuangan yang dibacakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Sidang Tahunan bersama DPR dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Gedung Parlemen Jakarta, Selasa (23/8).

Sebelumnya diisukan, dalam Sidang Paripurna DPR akan dibahas terkait pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), namun dalam pelaksanaanya dalam sidang tersebut tidak disinggung terkait surat pengajuan Presiden Jokowidodo terkait pergantian Sutiyoso.

Menurut Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto menyatakan pihaknya belum menerima surat dari Presiden terkait pergantian Kepala BIN. Dimana dalam surat Presiden tersebut, Pemerintah mengajukan Budi Gunawan sebagai pengganti Sutiyoso di kursi pimpinan BIN tersebut.

“Membahas APBN Perubahan dan tentunya ada agenda lain yaitu penetapan anggota komisi dari masing-masing fraksi. Terus ada keputusan pengambilan tingkat dua tentang Undang Undang Perlindungan Anak,”¬† tutur Agus.

Agus menekankan, jika Surat Presiden Jokowidodo telah diterima pihak DPR, maka akan diproses oleh Komisi I DPR, dan Fit and Proper Test pergantian Kepala BIN segera dapat dilakukan.

“Suratnya belum masuk sehingga kalau kita menebak nanti bisa salah,” pungkasnya.

RED
EDITOR : INTAN