Sebut Amien Rais Terima Dana Korupsi : DPR Minta KPK Bekerja Profesional

TANGKASNEWS – Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) menyebutkan dalam perkara korupsi pengadaan alat kesehatan (Alkes) Mantan Menteri Kesehatan ditemukan adanya aliran dana sebesar Rp 600 Juta ke rekening milik Pimpinan PAN, Amien Rais.

Menanggapi hal tersebut,  Anggota Komisi III DPR, Muslim Ayub mempertanyakan standar operasional prosedur (SOP) yang dilakukan KPK yang menyebut Amien Rais telah menerima aliran dana korupsi tersebut.

“Saya pertanyakan SOP metode penyidikan dan penuntutan di KPK apakah sudah sesuai dengan KUHAP. Bagaimana jika kemudian aliran dana itu tidak terbukti sebagai uang hasil korupsi tapi nama baik Pak Amien sudah terlanjur ternoda?,” tuturnya di Jakarta, Rabu (7/6).

Menurutnya,  penyebutan nama Pak Amien dalam surat dakwaan jaksa tidak menggunakan inisial sebagai asas praduga tak bersalah tapi langsung dengan jelas nama Amien Rais itu tidak benar.

PAN , tegasnya, meminta kepada KPK untuk dapat bekerja secara profesional dan bijaksana dalam mengungkap sebuah kasus. Karena dampak KPK menyebut Amien Rais dalam persidangan sangat tidak arif, lantaran tidak mengedepankan asas praduga tak bersalah.”Kita tau, siapa saja yang terkait dengan kasus yang ditangani KPK, pasti dihakimi publik dengan komentar tajam. Yang anehnya, tidak pernah dipanggil untuk diminta keterangan dan diperiksa tapi disebut namanya dalam surat tuntutan,” pungkasnya.

RED
EDITOR: INTAN