Sampah DKI, Ahok Sepakati TPPAS Nambo Bogor

TANGKAS – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyepakati rencana pembuangan sampah di Tempat Pembuangan dan Pengolahan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Nambo di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ahok berharap, TPPAS yang baru akan diumumkan pemenang tendernya itu menjadi tempat pembuangan sampah alternatif bagi DKI Jakarta.

“Sekarang masih dibicarakan, tetapi intinya kami pasti setuju (kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor),” ujar Ahok di Balai Kota, Selasa (10/11/2015).

Pemprov DKI Jakarta sudah memiliki perjanjian kerja sama dengan Pemkab Bogor yang merupakan daerah mitra praja utama tersebut.

Melalui kerja sama tersebut, Pemprov DKI akan mengalokasikan sejumlah bantuan dalam bentuk hibah kepada Pemkab Bogor. “Kami bisa langsung memberikan bantuan langsung kepada Kabupaten Bogor,” tegas Ahok

Adapun TPPAS Nambo terletak di Desa Nambo dan Desa Lulut, Kecamatan Kelapanunggal, Kabupaten Bogor. TPPAS tersebut mempunyai luas lahan sekitar 55 hektar. Rinciannya, 40 hektar lahan milik Perhutani Regional Jawa Barat-Banten dan 15 hektar lahan milik Kabupaten Bogor.

Namun, pembangunan TPPAS Nambo mangkrak. Padahal, proyek tersebut mulai dibangun pada 2006 lalu.

Selain TPPAS Nambo, Pemprov DKI Jakarta berencana membangun intermediate treatment facility (ITF) di empat lokasi, yakni di Semanan, Cilincing, Sunter, dan Marunda. Rencananya, pembangunan ITF dimulai pada 2016 mendatang.

Endha (BJ)
EDITOR : DD BIN