Sama di 1963, Kemungkinan Erupsi Gunung Agung Terjadi Sebelum Hari Raya Galungan

TANGKASNews – Pendeta (Jro Mangku) Pura Puseh Rendang, Nubadri menyampaikan kemungkinan masih menunggu hari baik seperti halnya erupsi pada tahin 1963 lalu terjadi saat dua hari sebelum penyajahan Hari Raya Galungan umat hindu.

 

“Sampai saat ini belum ada firasat Gunung Agung meletus. Petunjuk secara niskala yang dia dapatkan, Gunung Agung masih proses menuju erupsi,” tuturnya usai melakukan persembahyangan pada Sabtu (23/9) petang di belakang pos pemantauan PMVPB Gunung Agung, Karangasem Bali.

 

Jro Mangku Nubadri berharap jika terjadinya erupsi Gunung Agung tahun ini agar tidak memakan korban seperti erupsi tahun 1963 lalu. “Saya minta semuanya rahayu dan selamat. Kalaupun terjadi erupsi ,korbannya sedikit. Bila perlu tidak ada korban,” tegasnya.

 

Perlu diketahui tahun ini, ditetapkannya Status Awas Erupsi Gunung Agung ini mendekati perayaan Hari Raya Galungan , sebagai hari besar bagi umat hindu.

 

Berdasarkan perhitungan Kalender Bali, Hari Raya Galungan akan jatuh pada Rabu, 1 November 2017.  Dan penyajahan Galungan (3 hari sebelumnya) akan jatuh pada Minggu , 29 Oktober 2017.

 

Jika melihat kejadian erupsi Gunung Agung di tahun 1963 , kemungkinan hari baik yang ditunggu terjadinya erupsi Gunung Agung tahun ini pada Hari Jumat (27/9) bertepatan perayaan Hari Sugihan Jawa , dua hari sebelum penyajahan Galungan .

 

GUNG INTAN (TANGKAS BALI)

Editor : Intan