Sah Menjadi Narapidana, Ahok Akan Dipindahkan Ke Lapas

TANGKASNEWS – Mantan Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kini resmi menyandang status Narapidana setelah Jaksa Agung mencabut Gugatan Bandingnya dalam kasus penistaan agama.

Kuasa Hukum Ahok, Wayan Sudirta mengatakan hingga saat ini pihaknya belum mengetahui kepastian tempat dimana mantan Gubernur DKI ini akan menjani hukumannya.

“Nanti dari PN Jakut kan, nanti biasanya kan jaksa ngambil putusan. Di dalam putusan itu dinyatakan memiliki kekuatan hukum tetap. Kalau berkas dari pengadilan tinggi belum dikirim, status pernyataan mempunyai kekuatan hukum tetap itu belum muncul,” tutur Wayan dalam keterangannya pada Jumat (9/6).

Wayan menambahkan dalam surat putusan yang menyatakan kasus Ahok telah berkekuatan hukum tetap itu akan disebutkan di mana Ahok akan menjalani masa hukumannya.

Selain itu, Wayan juga menegaskan bahwa Ahok kini bukan menjalani tahanan percobaan lagi, karena vonis putusannya sudah dianggap Inchract sehingga Ahok sudah menggendong predikat sebagai seorang Narapidana dalam kasus penistaan agama.

“Jadi bukan di mana ditahan lagi ya. Statusnya jadi narapidana, bukan tahanan. Nanti Ahok menjalani hukumannya bukan di rumah tahanan, tapi di lembaga pemasyarakatan,” pungkasnya

RED
EDITOR: INTAN