Ratusan Pelajar Ikuti Gelar BRJB TNI AL 2017

TANGKASNEWS – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta menyelenggarakan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) TNI AL Tahun 2017 yang diikuti sebanyak 588 pelajar SMP dan SMA/SMK mulai tanggal 28 hingga 30 Juli 2017 berangkat dari Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) II Pelabuhan Tanjung Priok berlayar dengan menggunakan KRI Banda Aceh-593 menuju Provinsi Lampung untuk melaksanakan berbagai kegiatan di Pantai Klara, Lampung Selatan.

Kegiatan BJRB Wilayah Jakarta merupakan agenda rutin tahunan TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan Lantamal III Jakarta sebagai panitia penyelenggara dalam memberikan kegiatan yang positif sekaligus sebagai upaya menyiapkan generasi penerus yang cinta bahari. BJRB kali ini bertemakan,”Melalui Bintal Juang Remaja Bahari TNI AL Tahun 2017 Kita Tumbuhkan Mental Remaja Yang Bertaqwa Kepada Tuhan YME, Cinta Tanah Air dan Berjiwa Bahari”

Komandan Lantamal III Jakarta Laksamana Pertama TNI Muchammad Richad, SH, MM., membuka secara resmi BJRB TNI AL Tahun 2017 dalam suatu upacara di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal III, Jalan Gunung Sahari No. 2 Jakarta Utara, Jumat (28/07).

Dalam amanatnya Danlantamal III menegaskan bahwa kegiatan BJRB TNI AL memiliki makna yang strategis, karena melalui kegiatan ini para remaja yang merupakan generasi masa depan secara dini telah diberi pemahaman akan arti pentingnya laut bagi Bangsa Indonesia, sehingga dengan pemahaman ini diharapkan Bangsa Indonesia kembali menjadi bangsa yang besar.

Hadir pada upacara pembukaan BJRB tersebut Wadan Lantamal III Kolonel Laut Jaya Darmawan, Aspers Danlantamal III Kolonel Laut (P) Untung Sm., M.A.P selaku Ketua Panitia BJRB Tahun 2017 dan para pejabat utama Lantamal III serta para undangan lainnya.

Menurut keterangan rilis Kadispen Lantamal III, pada hari ini, Sebelum rombongan berangkat ke Dermaga JICT II dengan puluhan bus dan truk dari Mako Lantamal III, para peserta BJRB terlebih dahulu menerima pembekalan kejuangan terkait sejarah berdirinya NKRI dari Veteran Kolonel Marinir (Purn) DR. B. Suwito dan pembekalan bahaya narkoba terkait Indonesia darurat narkoba oleh Sumantri dari BNN di Gedung Serbaguna Mako Lantamal III.

Peserta BJRB sebanyak 588 orang itu merupakan pelajar SMP dan SMA dari Kotama Mabesal, Seskoal, Kolinlamil, Kormar, Koarmabar, Lantamal III, SMK/SMP Hang Tuah 1 & 3, SMA/SMP Ibnu Hajar Boarding School, SMK Pariwisata Metland Cileungsi, SMP Al-Azhar Syifa Budi Bekasi, Pesantren Al Ishlah Boarding School Indramayu, SMK Labschool Rawamangun, Pesantren Al-Quran As-Syafiiah Sukabumi dan SMA Darul Hikam Internasional Bandung dengan didampingi 54 orang perwakilan Kotama/Sekolah dan 65 orang Panitia.

Kegiatan BJRB diisi dengan berbagai macam kegiatan antara lain pengenalan kapal, latihan peran-peran di kapal dan kebaharian, latihan PBB (Peraturan Baris Berbaris), berbagai ceramah yang meliputi bidang rohani/agama, bidang Bintal Juang, Ideologi dan Bela Negara, bidang hukum, bidang kesehatan, bidang kebaharian, serta kegiatan bahari lainnya yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi peserta, hingga acara penutupan pada Minggu (30/07).

RED
EDITOR: INTAN