Publik Harus Percaya dan Hormati Pansus KPK

TANGKASNEWS – Terbentuknya Panitia Khusus (Pansus) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menimbulkan keresahan publik akan adanya revisi UU tentang lembaga anti rasuah tersebut.

Sekjen PDIP, Hasto Kristyanto menegaskan bahwa partainya tidak mempermasalahkan adanya Pansus KPK dan sudah seharusnya dihormati guna melakukan evaluasi kinerja lembaga yang bertugas membrantas koruptor di negeri ini.

Untuk itu, Hasto menekankan tidak ada pesan khusus tanggapan dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri akan terbentuknya Pansus KPK.

Menurutnya, Pansus KPK ini menunjukan adanya dinamika politik dari wakil rakyat yang duduk di gedung parlemen dan harus dihormati.

“Tidak secara khusus, karena fraksi kan menjalankan sikap politik partai yang telah ditetapkan dalam kongres. Sehingga bagi setiap anggota fraksi termasuk PDIP sudah sangat jelas dalam keputusan kongres, bukan sedikit-sedikit perlu konsultasi. Sehingga itu merupakan bagian dinamika politik dan hak anggota dewan yang juga dihormati oleh PDIP,” tuturnya di Jakarta pada Minggu (11/6).

Hasto menegaskan seluruh elemen negara, dari Presiden, Lembaga Negara, dan Partai Politik dapat diklarifikasi dan dievaluasi oleh para anggota dewan melalui Hak Angket yang diajukannya.

“Seluruh alat negara, lembaga negara dan tatanan masyarakat wajib patuh sepenuhnya kepada konstitusi dan UU. Sehingga siapa pun nanti yang dibutuhkan keterangannya oleh panitia angket tanggung jawab,” imbuhnya.

Sehingga tegasnya, tidak ada yang perlu ditakuti akan adanya Pansus KPK tersebut, karena badan tersebut bertujuan melakukan evaluasi kinerja lembaga antirasuah selama ini dalam memberantas korupsi di Indonesia.

RED
EDITOR : INTAN