Presiden Tekankan Anggaran Belanja Ikuti Program Prioritas

TANGKAS – Pemerintah bersama DPR telah menyelesaikan 10 rancangan Undang-Undang untuk disahkan menjadi UU, antara lain UU tentang tabungan perumahan rakyat dalam upaya pemenihan kebutuhan akan tempat tinggal, Undang-Undang tentang tax amnesti pajak yang mendukung sumber penerimaan negara.

Demikian yang disampaikan oleh Presiden Jokowidodo dalam pidato kenegaraannya di Gedung Rapat Paripurna MPR,DPR, dan DPD, Senayan Jakarta pada Selasa Siang (16/8).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah bersama DPR terkait fungsi anggaran sedang membahas RUU APBN 2017 dan RUU tentang pertanggung jawaban APBN 2015.

“DPR dan Pemerintah berkomitmen untuk memastikan bahwa anggaran tahun 2017 disusun dengan cermat demi penungakatan kesejahteraan rakyat,” ujar Presiden.

Presiden menekankan bahwa anggaran hasil rundingan DPR dengan Pemerintah haris mengikuti program prioritas.

“Anggaran itu harus mengikuti program prioritas, tidak boleh lagi sekedar dibagi rata ke unit-unit kerja,” tegasnya.

Hal yang paling menarik disampaikan Presiden adalah pihak Pemerintah memberikan apresiasi kepada DPR RI atas kinerjanya dalam memegang amanah UUD 1945 sebagai lembaga yang menjalankan legilasi anggaran dan pengawasan.

RED

EDITOR : INTAN