Presiden Rumuskan Stimulus Jangka Pendek Paket Kebijakan III

TANGKAS  – Presiden Joko Widodo menyampaikan beberapa stimulus jangka pendek yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat seperti proyek padat karya yang ada di beberapa Kementerian.

Presiden akan merumuskan stimulus jangka pendek, insentif jangka menengah dan insentif jangka panjang dalam paket ekonomi ketiga yang diharapkan dikeluarkan pemerintah pada awal pekan depan.

“Stimulus itu harus langsung bisa dirasakan masyarakat dan dunia usaha,” ucap Presiden ketika memimpin Rapat Terbatas Tentang ‎Pemangkas Perizinan di Kantor Presiden Jakarta, Kamis (1/10/2015).

 

“‎Di Kementerian Pertanian ada dana berkaitan irigasi yang sebagian besar sudah dikerjakan,” kata Presiden.

Demikian pula proyek proyek infrastruktur yang sedang dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, serta BUMN harus segera digerakan dengan skema padat karya.

Selain itu, dana desa yang telah dialokasikan ke daerah dan desa harus bisa dilakukan secara swakelola dan padat karya. Dana desa kata Presiden harus difokuskan pada proyek infrastruktur, seperti jalan desa dan irigasi.

Presiden juga meminta untuk tidak ragu melakukan langkah restrukturisasi untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) jika diperlukan seandainya terjadi masalah di lapangan.

“Saya kira langkah stimulus jangka pendek diiperlukan sehingga bisa dirasakan secara positif oleh masyarakat dan pelaku usaha bahwa ada upaya upaya yang nyata dan konkret dilakukan Pemerintah,” terangnya.

NINGSIH

EDITOR : DD BIN