Presiden Jokowi Tegaskan Impor Masih Jadi Problem Besar Indonesia

TANGKASNews – ¬†“Negara kita ini memiliki problem besar, yaitu impor lebih besar dari ekspor. Ini problem besar yang bertahun-tahun ingin kita atasi.”

 

Demikian yang disampaikan Presiden Jokowi dalam acara Pelepasan Ekspor Motor Yamaha Tahun 2018. Acara pelepasan digelar di kawasan Pulogadung, Cakung, Jakarta Timur, Senin (3/12).

 

Dalam sambutannya, Kepala Negara memaparkan Yamaha Indonesia pada tahun 2014 lalu, berdasarkan data yang didapat Presiden, mencatatkan ekspor kurang lebih 23 ribu motor. Sementara pada tahun ini ekspor Yamaha Indonesia diperkirakan mencapai 338 ribu unit sepeda motor. Selain itu, pelepasan ekspor kali ini juga bertepatan dengan pencapaian Yamaha Indonesia yang secara keseluruhan telah mencatatkan ekspor lebih dari 1,5 juta unit sepeda motor.

 

“Ini jumlah yang sangat besar. Pertama ekspornya tinggi, yang kedua investasinya juga besar,” ucapnya.

 

Terkait Tingkat kandungan Lokal (TKDN) dalam ekspor Yamaha kali ini, ujar Presiden Jokowi, adalah sangat besar hingga 94 persen. “Ini kandungan lokalnya sangat tinggi. Investasi-investasi seperti inilah yang terus kita cari. Karena ekspor tapi bahan bakunya dari impor ini yang juga sering menyebabkan yang namanya defisit neraca perdagangan,” terangnya.

 

Dalam kesempatan tersebut , Presiden Jokowi memberikan apresiasi atas industri berorientasi ekspor dan tingkat kandungan lokal yang tinggi.

 

“Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh PT Yamaha. Saya ingin nanti mendengar rencana-rencana Yamaha Indonesia ke depan seperti apa,” ¬†tutupnya.

 

Red

Editor : Intan