Presiden Jokowi : Stop Hoaks, Harga Pasar Stabil

TANGKASNews – Dalam rangka memastikan kestabilan harga barang di pasar tradisional, Presiden Jokowidodo melakukan blusukan ke Pasar Anyar Tangerang Banten pada Minggu (4/11).

 

Presiden Jokowi yang tiba pada pukul 06.15 WIB didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah, dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Presiden mulai mengendarai sepeda motor dari sekitar Jalan M.H. Thamrin, Tangerang.

 

“Yang pertama kita kan ada angka inflasi rendah di bawah 3,5 (persen), saya ingin cek di lapangan. Sama enggak? Setelah cek semua stabil,”  ujar Kepala Negara usai melakukan blusukan di Pasar Anyar Tangerang, Banten.

 

Presiden Jokowi menambahkan harga kebutuhan pokok di pasar tradisional bukan naik melainkan mengalami penurunan , seperti misalnya telur dari Rp30 ribu per kilogram menjadi Rp20 sampai Rp 22 ribu per kilogram. Harga beras bervariasi antara Rp8 ribu sampai Rp12 ribu, tergantung kualitas. Sementara tempe harganya stabil di Rp5 ribu.

 

Sehingga Presiden Jokowi menekankan fluktuasi harga di pasar adalah hal yang biasa. Ia pun berharap tidak ada pihak-pihak yang mengatakan hal yang sebaliknya dengan kondisi harga sebenarnya di pasar.”Nanti pedagang pasar marah, semua harga stabil enggak berubah,” ucapnya.

 

“Banyak yang turun, satu dua naik, fluktuatif biasa. Daging naik  dikit, telur turun, biasa. Jangan teriak di pasar naik, pedagang pasar marah enggak ada yg beli iya  ndak ? Malah datang ke mal,supermarket. Jadi kalau ke pasar liat fakta yang ada, harga sampaikan apa adanya,” paparnya.

 

Untuk itu, Presiden Jokowi menghimbau kepada seluruh pihak agar dalam masa kampanye Pilpres 2019 ini agar berbicara apa adanya dan tidak menyebarkan informasi berbalik dengam situasi harga pasar sebenarnya.

 

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga menyampaikan telah sepakat dengan Walikota Tangerang untuk melakukan revitalisasi pasar di tahun 2019 mendatang guna memperbaiki kondisi pasar agar tidak becek, lebih bersih dan mempunyai tempat parkir.

 

“Sudah sepakat dengan wali kota, tahun depan akan kami revitalisasi. Nanti pembagian (pembiayaan) pusat dan daerah,” tutupnya.

 

Red

Editor : Intan