Presiden Jokowi : Pancasila Adalah Dasar Negara dan Bermasyarakat

TANGKASNEWS – “Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama, dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.”

Demikian sambutan yang disampaikan Presiden Jokowidodo dalam peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri Jakarta pada Kamis (1/6) pagi.

Dalam peringatan Hari Lahirnya Pancasila ke 72 ini, Presiden Jokowi yang bertindak sebagai Inspektur upacara dan dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Kabinet Kerja, Ketua Umum Partai Politik, Mantan Presiden dan Wapres, para proklamator, dan pejabat lembaga tinggi negara.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa Pancasila merupakan dasar negara dan bermasyarakat. “Pancasila 1 Juni merupakan hasil perumusan pendiri negara setelah proses musyawarah yang melibatkan elemen di Nusantara,” ujarnya.

Untuk itu, imbuh Presiden Jokowi, keberagaman merupakan kodrat Indonesia yang tidak bisa diganggu gugat.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak berhenti mengamalkan nilai nilai Pancasila.

“Selamat hari lahir Pancasila, kita semua Indonesia, kita semua Pancasila, semua Anda Indonesia, semua Anda Pancasila, saya Indonesia, saya Pancasila,” ucap presiden Jokowi menutup sambutannya.

RED
EDITOR: INTAN