Presiden Jokowi : MRT Bangun Peradaban dan Budaya Baru di Masyarakat

TANGKASNews – “Ini budaya baru. Inilah yang akan terus dikenalkan, disosialisasikan, sehingga masyarakat betul-betul tahu bagaimana MRT itu bergerak dari satu stasiun ke stasiun lain.”

Pernyataan ini disampaikan Presiden Jokowidodo di gerbong kereta yang membawanya dari Stasiun Lebak Bulus menuju Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (Hi) dalam agenda menjajal Moda Raya Terpadu (MRT), Selasa (19/3).

Kehadiran MRT di Jakarta ini, menurut Kepala Negara bisa membangun peradaban dan budaya baru di masyarakat, seperti budaya antre dan tepat waktu.“Kita senang bahwa MRT ini disambut begitu antusias dan kita harapkan ke depan, masyarakat menggunakan ini semua. Saya contohkan beberapa orang tadi mau makan dari HI turun di Senayan, enggak ada 10 menit nanti balik lagi ke kantornya lebih cepat. Saya kira ini adalah budaya baru, peradaban baru, yang harus mulai kita biasakan,” sambungnya.

Selain itu, Presiden Jokowi mengatakan Kehadiran MRT di ibukota ini diharapkan para pengguna kendaraan pribadi bisa beralih ke MRT yang menurutnya sangat nyaman. Kepala Negara menambahkan, saat ini pemerintah memang belum menerapkan regulasi yang memaksa pengguna kendaraan pribadi untuk beralih kepada transportasi umum.

“Nantinya kalau sudah semua, kurang lebih 230 kilometer, seluruh DKI dan Jabodetabek, nanti Pak Gubernur DKI akan menerapkanĀ  electronic road pricingĀ  Sehingga mau tidak mau kita paksa pemilik-pemilik mobil beralih ke moda raya terpadu ini,” pungkasnya.

Dalam agenda tersebut, kehadiran Kepala Negara mendapat sambutan yang antusias dari masyarakat yang hadir di Stasiun Bundaran HI. Masyarakat pun langsung berebut untuk bersalaman dan berswafoto dengan Kepala Negara.

Red
Editor :Intan