Presiden Jokowi : Jadikan Karya Seni Sebagai Pemersatu Bangsa

TANGKASNews – “Selama 3 tahun kita membangun infrastruktur. Tapi jangan dimaknai hanya membangun fisik semata. Artikan juga kita membangun infrastruktur budaya untuk peradaban di masa depan, membangun konektivitas budaya, membangun mental dan karakter budaya yang baik. Pembangunan infrastruktur kini dilanjutkan dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).”

 

Demikian yang disampaikan Presiden Jokowi dalam gelar Kuliah Umum di Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar Bali , yang bertajuk “Pemajuan Kesenian Nusantara dalam Menjaga Kebhinekaan dan Persatuan Indonesia”, Sabtu (23/6).

 

Dalam paparannya, Kepala Negara menekankan bahwa peran Seni dan Budaya mempunyai peran penting untuk Bangsa Indonesia.

 

Lebih lanjut , Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa Revolusi industri 4.0 saat ini sudah bisa menghasilkan 3D printing untuk membangun rumah, ‘autonomous vehicle’, robot pembersih lantai dan robot tour guide.

 

“Artinya, poin pentingnya ada pada kata kecepatan. Sekarang Negara yang cepat dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi akan meninggalkan negara yang lambat dalam pengembangan Iptek. Negara yang cepat beradaptasi dengan kemajuan dunia akan berkembang lebih cepat. Karena itu saya minta Institut Seni di seluruh Indonesia, seperti ISI Denpasar, tetap menumbuhkan semangat juang menghadapi perubahan dunia, karena kekayaan kita (Indonesia) ┬ábukan saja hanya kekayaan alam, tapi juga modal seni budaya. DNA kita (Indonesia) adalah seni dan budaya,” jelasnya.

 

Menfakhiri paparan kuliah umumnya, Presiden Jokowi menghimbau dan berpesan kepada seluruh Rakyat Indonesia agar kewirausahaan berdasarkan kearifan budaya lokal perlu ditingkatkan terus. “Jadikan karya seni sebagai media sumber pemersatu bangsa Indonesia,” tegasnya.

 

Tampak hadir mendampingi Kepala Negara, diantaranya Menristekdikti Mohamad Nasir. Hadir juga pimpinan perguruan tinggi se-Bali, pimpinan perguruan tinggi seni se-Indonesia, dan SMK seni di Bali.

 

Red

Editor : Intan