Presiden Jokowi Ingin APBN 2019 Fokus Pembangunan SDM

TANGKASNews – “Saya ingin mengarahkan agar kita masuk ke tahapan besar kedua yaitu investasi di bidang Sumber Daya Manusia, yang kita siapkan tahun ini programnya dan tahun depan benar-benar sudah masuk ke kegiatan besar sehingga politik alokasi APBN 2019 juga betul-betul mengarah ke sana, betul-betul nampak untuk menopang mendukung pembangunan SDM.”

 

Demikian yang disampaikan Presiden Jokowidodo dalam Rapat Terbatas (Ratas) di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/4).

 

Dimana dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara menegaskan agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 ditujukan untuk pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

 

“Sudah berkali-kali saya sampaikan bahwa APBN itu hanya memiliki kontribusi sekitar 15 persen dari angka PDB (Pendapatan Domestik Bruto). Oleh karena itu alokasi anggaran APBN ini harus betul-betul fokus dan diprioritaskan untuk hal-hal yang strategis, kalau tidak strategis, tidak usah,” ¬†sambung Presiden Jokowi.

 

Presiden Jokowi juga menjelaskan bahwa sejak kepemimpinannya lebih memfokuskan terhadap pembangunan Infrastruktur yang menelan biaya hingga menelan biaya hingga kurang lebih Rp170-an triliun. “Saya ingat di 2014 akhir, anggaran infrastruktur kurang lebih Rp170-an triliun begitu kita fokus ke sana langsung Rp300 triliun lebih, sehingga dalam 3,5 tahun ini kelihatan sekali betapa masifnya pembangunan di bidang infrakstruktur,” jelasnya.

 

“Saya tidak ingin nanti hanya ada tambahan anggaran tetapi tidak kelihatan masif, tidak kelihatan ada perubahannya, tidak kelihatan pergeserannya. Oleh sebab itu setiap kementerian harus betul-betul menyusun programnya meskipun ini sudah saya sampaikan tahun lalu, menyusun program khusus mengenai investasi SDM,” ¬†tutupnya.

 

Red

Editor : Intan