Presiden Jokowi : Babinsa Itu Tulang Punggung Jaga Ketahanan Wilayah

TANGKASNews – “Babinsa Ibarat jarum jatuh di desa, Babinsa pun harus tahu.”

 

Pernyataan ini disampaikan Presiden Jokowidodo yang disampaikan pihak Puspen TNI, Senin (30/7).

 

Lebih lanjut, Kepala Negara mengatakan keberadaan Babinsa sangat penting dalam upaya mengantisipasi situasi keamanan lingkungan, dengan cara temu cepat dan lapor cepat.

 

“Babinsa merupakan tulang punggung dalam menciptakan ketahanan wilayah,” ujarnya.

 

“Saya minta jarum jatuh di desa itu pun Babinsa harus tahu dimana jarum itu jatuh, apa di sungai atau sawah harus ngerti, itu tugas yang paling penting. Jangan sampai ada orang luar masuk sama sekali tidak diketahui,” sambung Kepala Negara.

 

Tantangan kedepan Bangsa Indonesia, ungkap Presiden Jokowi , tidak semakin mudah baik dari internal dalam negeri maupun tantangan eksternal luar negeri, baik yang kelihatan maupun tidak terlihat seperti radikalisme, terorisme, kemiskinan dan kesenjangan.

 

“Dengan adanya infrastruktur dan organisasi yang sampai ke bawah seperti yang kita miliki yaitu Babinsa, saya meyakini persoalan-persoalan itu akan bisa dikurangi, diminimalisir apabila semua bekerja sesuai dengan job deskripsi masing-masing,”  jelasnya.

 

Presiden Jokowi berharap Babinsa untuk terus meningkatkan kemampuan manajemen teritorial di desa.

 

“Penanganan di dalam lingkup kecil wilayah hendaknya dilakukan dengan pendekatan lunak yang dapat menyelesaikan problem, tidak dengan represif. Cek ada masalah apa, bisa menyelesaikan, ikut selesaikan,” pungkasnya.

 

Red

Editor : Intan