Presiden IOI : Bandrol Kendaraan Pedesaan Indonesia Sekitar Rp 60 Jutaan

TANGKAS – Setahun beridirinya Institut Otomotif Indonesia (IOI) telah berhasil menunjukan prestasinya dengan mewujudkan mimpi Indonesia akan punya Kendaraan Pedesaan.

Presiden IOI, Made Dana Tangkas mengatakan bahwa pihaknya bersama Kementerian Perindustrian dan stake holder terkait akan menargetkan pada pertengahan 2017 mendatang berencana akan mengeluarkan prototype kendaraan multi guna tersebut.

Terkait pernyataan tersebut, Made Dana Tangkas mengutarakan sejak pekan lalu IOI bersama Kemenperin telah memulai Lomba Desain Prototype Kendaraan Pedesaan Indonesia yang akan berlangsung hingga Maret 2017 mendatang.

” Kriteria lomba Kendaraan Pedesaan yang telah ditetapkan tidak bersinggungan dengan model yang ada sekarang dan menunjukan model sebagai hasil karya anak bangsa,” paparnya di Jakarta, Selasa (13/12).

Dalam keterangannya, Made Dana Tangkas juga menyampaikan bandrol  Kendaraan Pedesaan Indonesia ini akan dijual dengan kisaran harga Rp 60 Juta-an. ” Harganya kalau bisa sekitar Rp 60 Jutaan,” ucapnya.

Ditempat terpisah, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa bentuk model Kendaraan Pedesaan Indonesia ini akan berbentuk Pickup.

Airlangga menambahkan spesifikasi Kendaaraan Pedesaan Indonesia ini mempunyai empat roda dan bagan belakangnya bisa diubah-ubah, sesuai dengan dengan kebutuhan aktivitasnya.

“Untuk variannya, akan mengikuti kontur perdesaan masing-masing. Diharapkan Tahun depan prototipenya sudah ramung,” terangnya.

Selanjutnya, Dirjen ILMATE Kemenperin, Gusti Putu Suryawirawan mengutarakan Kendaraan Pedesaan Indonesia merupakan kendaraan multiguna yang diproduksi guna membantu aktivitas pertanian, perkebunan dalam rangka membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

” Kendaraan Pedesaan kalau dijawa sama halnya dengan kendaraan yang disebut dengan grandong,” ungkapnya.

RED
EDITOR  INTAN