Presiden IOI : 2016, Indonesia Jadi Pasar Otomotif Terbesar di Asia Tenggara

TANGKASNEWS – Di Tahun 2016, Indonesia menjadi pasar Otomotif terbesar di Asia Tenggara dengan penjualan 1,05 juta di 2016, mengalahkan Thailand yang 800 ribu dan Malaysia yang 600 ribu.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Presiden Institut Otomotif Indonesia (IOI), Made Dana Tangkas dalam gelar acara ” Temu Bisnis Perluasan Kerjasama Koperasi dan UKM dibidang Industri Komponen Otomotif’ di kawasan Summarecon, Bekasi Jawa Barat pada Rabu (2/8) pagi.

“Industri komponen kita termasuk didalamnya koperasi dan UKM, belum bisa optimal menggarap pasar yang besar itu antara lain karena belum adanya integrasi atau belum terpadunya antara sesama pelaku di bdang komponen otomotif ini, ” Imbuhnya menjelaskan.

Selain itu, Dewan Pembina Perkumpulan Industri Kecil dan Menengah Komponen Otomotif (PIKKO) menyatakan sekitar 95 persen pasar industri otomotif dan turunannya masih didominasi Jepang, sisanya oleh Eropa, Korea dan AS.

Kendati demikian, tegasnya, ini bukan berarti Kemenkop UKM komponen otomotif tidak bisa berperan dalam Industri nasional.

” Mereka sudah mampu menghasilkan komponen tier 1 maupun Tier 2, untuk memasok industri besar seperti T oyota dan Honda. Namun ke depan, mereka juga akan kita rangkul untuk mendukung industri otomotif di pedesaan, dimana kita sekarang sedang merintis pembuatan angkutan pedesaan,” papar Direktur Hubungan Eksternal PT. Toyota Motor Manufakturing Indonesia (TMMIN).

Untuk itu IOI, ungkapnya, menyarankan agar sentra Industri UKM agar bersatu dalam sebuah naungan wadah organisasi yakni Koperasi.

Hadir dalam acara tersebut Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran-Kemenkop dan UKM, I Wayan Dipta bersama para pelaku koperasi Komponen otomotif, seperti Ikapeksi (Ikatan Pengusaha Kenshusei Indonesia), Kopik Pulogadung, Apek (Asosiasi Pengusaha Enginering Karawang), Asosiasi UKM Pendukung Industri, Koperasi Industri Komponen Otomotif (KIKO) Jakarta, PIKKO (perkumpulan induatri kecil.menengah Komponen Indonesia) Asosiasi Pengusaha Engineering Karawang serta para CEO dari bidang otomotif dari APM.

RED
EDITOR : Intan