Presiden Berharap Piala Jendral Sudirman Jadi Momentum Kebangkitan Sepak Bola Indonesia

TANGKAS – Presiden Joko Widodo melakukan tendangan pertama atau kick off dalam turnamen sepakbola memperebutkan Piala Jenderal Sudirman, yang mempertemukan tuan rumah Arema Malang melawan Persegres Gresik, di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Selasa (10/11) malam.

Pada sambutan yang ditampilkan di videotron di sudut stadion yang diputar sebelum kick off, Presiden Jokowi mengajak kepada seluruh elemen sepakbola di Indonesia untuk menjadikan turnamen Piala Jenderal Sudirman itu sebagai semangat kebangkitan sepakbola Indonesia.

“Mari kita jadikan momentum Turnamen Piala ini untuk semangat menuju kebangkitan sepakbola Indonesia,” pinta Presiden Jokowi.

Sebelum melakukan tendangan pembuka yang menandai diresmikannya turnamen Piala Jenderal Sudirman itu, Presiden Jokowi memberikan 10 buah bola yang sudah ditandatanginya kepada 10 pemain dari Arema maupun Persegres Gresik United. Selanjutnya, ke-10 pemain itu menghadiahkannya untuk penonton melalui tendangan masing-masing.

Selanjutnya, usai menendang kick off, Presiden Jokowi langsung kembali menyaksikan pertandingan di tribun VVIP bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menpora Imam Nahrawi, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Presiden Jokowi dan para pejabat pemerintah itu terlihat begitu menikmati jalannnya pertandingan yang berkesudahan 2-0 untuk kemenangan kesebelasan tuan rumah Arema Cronus itu.

Ketua pelaksana sekaligus penanggung jawab Piala Jenderal Sudirman, Letjen TNI Agus Sutomo dalam laporannya  kepada Presiden Jokowi mengatakan,m bahwa tersebut diikuti 15 tim yang terbagi menjadi tiga grup, yakni grup A digelar di Stadion kanjuruhan Kepanjen, grup B di Stadion Kapten Dipta Bali dan grup C di Stadion Delta Sidoarjo.

Babak penyisihan Piala Jenderal Sudirman berlangsung pada 12-22 November. Babak semifinal digelar di masing-masing semifinalis (home and away) pad pada 9-17 Januari 2016 dan final digelardi Stadion Gelora Bung Karno pada 24 Januari 2016.

NINGSIH – (WID/BSM/NP/ES)

EDITOR : DD BIN