Pilkada Serentak, Banyak Warga Bitung Belum Tercatat dalam DPT

TANGKAS – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan di selenggarakan tanggal 9 Desember nanti, tinggal menghitung hari untuk dilaksanakan. Harusnya semua aspek sudah dipersiapkan oleh pihak KPU untuk mendukung terwujudnya Pilkada yang berintegritas dari semua sisi.

Salah satu yang masih sampai sekarang belum bisa dituntaskan adalah, masalah jumlah pemilih potensial yang terdata dalam DPT yang sudah diumumkan.

Sejumlah wilayah, khususnya Kota Bitung, dari jumlah pemilih potensial yang tercatat sebesar 159.000 pemilih, ternyata masih terdapat pemilih yang hingga, Kamis (6/11) belum terdata sama sekali.

Salah satunya di Kelurahan Girian Permai, Kecamatan Girian Kota Bitung, yang memiliki warga yang tidak terdata di dalam DPT,  dan ini sudah terjadi dari Pilcaleg dan Pilpres 2014 lalu.

Sementara itu Ketua KPUD Kota Bitung, Sammy Rumamby yang di wawancarai tidak membantah adanya warga yang belum terdaftar di dalam DPT. Menurut Rumamby, hal tersebut bisa diatasi, selama pihaknya dilaporkan sebelum Pilkada berlangsung.

“Laporkan kepada saya, kalau memang ada, nanti akan kami tindaklanjuti, dan kalaupun ternyata tanggal 9 Desember masih ada warga yang belum terdaftar, hak mereka tidak akan hilang, selama mereka memiliki KTP Kota Bitung, mereka masih bisa memilih,” kata Rumamby.

INTAN (Korespondens)

EDITOR : DD BIN