Pilkada 2018, Polri Terjunkan Jutaan Personel

TANGKASNews – Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian menyampaikan pihaknya akan menerjunkan jutaan personel terkait pengamanan Pilkada 2018.

 

“Jumlah pasukan yang kita libatkan untuk Pilkada serentak sebanyak 1.107.310 personel. Polri 184.013 personel. TNI 99.559 personel. Linmas 823.738,” tutur Kapolri di Gedung Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (14/3).

 

Tito mengutarakan  dalam pelaksanaannya di lapangan Polri akan membagi pengamanan menjadi tiga ring .

“Nanti seperti biasa ada pembagian, ring satu, ring dua dan tiga. TPS yang kita anggap aman, rawan, dan sangat aman,” imbuhnya.

 

Polri dan TNI , ungkap Tito, juga menyiapkan petugas yang siap diterjunkan jika terjadi keadaan darurat di sebuah daerah. Untuk jajaran Polri, setidaknya disiapkan sebanyak 41.333 personel.

 

“Kita persiapkan pasukan stand by baik dari Polri dan TNI. Polri kita siapkan Brimob, 41.333 personel. TNI juga persiapkan. Kita juga sudah latihan bersama,” jelasnya.

 

Pilkada 2018, Kapolri menjelaskan ada 13 daerah yang mengusung calon tunggal sehingga pengamananny tidak terlalu ketat, karena dijamin aman.

 

“Petugas akan kita kerahkan ke daerah yang kita anggap rawan. Dengan kekuatan ini kami merasa confident. Crossing antar partai, isu agama tidak muncul, isu agama tidak muncul,” terangnya.

 

Red

Editor : Intan