Pesawat TNI C-130 Berhasil Pulangkan 14 Orang Utan dari Thailand ke Tanah Air

TANGKAS – Pesawat TNI C-130 Hercules A- 1332 berhasil memulangkan belasan orangutan selundupan ke tanah air pada Kamis (12/11). Kedatangan sekitar 14 orang utan di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta merupakan proses “repatriasi” ketiga kalinya sejak terjadi pada tahun 2006 dan 2007.
Setibanya di Jakarta, ke – 14 Orang utan ini disambut meriah  Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menlu RI diwakili Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Isti Handayani, Panglima TNI diwakili Pa Sahli Tk. III Bidang Kawasan Khusus & Lingkungan Hidup Brigjen TNI (Mar) Prang Verry Kunto Guratno serta para Dirjen Kementerian Kehutanan RI.

Ornag Utan yang berhasil dipulangkan ke tanah air dari Thailand oleh pihak TNI di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (12/11). Sumber Foto : Puspen TNI
Ornag Utan yang berhasil dipulangkan ke tanah air dari Thailand oleh pihak TNI di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (12/11). Sumber Foto : Puspen TNI

Sedangkan Tim Repatriasi pemulangan 14 Orang utan dari Thailand ke Tanah air dipimpin oleh Letkol Pasukan Rudolf Sidabalok dengan Pilot Letkol  Pnb  Subhan (Komandan Pesawat Hercules), Co-Pilot I Kapten Pnb Fahmi Aldila Firdaus, dan Co-Pilot II Lettu Pnb Vincentius Wahyu, Mayor Nav Rudy Kurnia Navigator-I, dan Lettu Nav Guruh Wahyu Navigator-II, Pelda Agus Setiono Juru Radio Udara (JRU), Peltu Eko P. Juru Montir Udara (JMU) Instruktur, Kapten Tek Nuzul JMU II dan Pelda Parjiana JMU  II,  Mayor Tek Sugino Load Master (LM) Instruktur, Letda Lek Dwi  LM, dan Serma Fathoni Load Master II serta Lettu Tek Sophan Perwira Load Master.
Dalam sambutannya, Menteri LHK mengutarakan ke 14 Orang utan ini akan dikarantina di Taman Safari Bogor, Jawa Barat guna pemulihan kesehatan dan prilaku liarnya.
Setelah itu Panglima TNI Gatot Nurmantyo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Brigjen TNI (Mar) Prang Verry Kunto Guratno menyampaikan, merasa bangga dan terima kasih kepada Staf Perwakilan Dubes RI di Thailand, atas prestasinya yang telah bekerja sama dengan instansi terkait, berhasil mengamankan dan menyelamatkan 14 Satwa Orangutan dari sekelompok orang yang ingin menyelundupkan satwa-satwa tersebut, untuk kepentingan pribadinya.
“Proses pemulangan Orangutan yang berhasil diselamatkan, telah dilaksanakan dan TNI selalu siap memberikan dukungan transportasi baik darat, laut maupun udara”, imbuh Panlima TNI. “Semoga kebersamaan kita dalam turut serta melindungi satwa langka, akan senantiasa didukung oleh semua komponen bangsa, sehingga terwujud ekosistem lingkungan alam, seperti sediakala”tegas Panglima TNI.
Sumber : PUSPEN TNI (Badar)

EDITOR : DD BIN