Perluas Akses Pasar, Menkop Puspayoga Sarankan UKM Gunakan e-Commerce

TANGKAS – “Dengan kreativitas kita bisa memberikan nilai tambah atas sebuah produk. Produktifitas juga bisa kita tingkatkan. Tapi, bila produk tersebut tidak laku di pasaran, ya percuma saja.”

Demikian yang ditegaskan oleh Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga saat meresmikan gedung PLUT-KUMKM dan launching Kampung UKM Digital Kabupaten Tulungagung, di Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (9/12).

Menkop Puspayoga dalam acara tersebut mengatakan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di seluruh Indonesia harus mampu memproduksi produk yang memang diterima atau laku di pasaran.

Menurutnya, agar bisa hasilkan produk berkualitas, pelaku UKM bisa memanfaatkan pusat layanan usaha terpadu (PLUT) dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, Mantan Wagub Bali ini menyarankan  untuk memperluas akses pasar, UKM juga perlu menggunakan pemasaran melalui online (e-Commerce).

“Jadi, pemasaran melalui online itu sebuah keharusan. Bila tidak, maka kita akan ketinggalan. Saya juga berharap PT Telkom mengadakan pelatihan-pelatihan bagi UKM agar bisa melakukan pemasaran secara online,” terangnya.

Di tulungagung, Menkop Puspayoga memberikan apresiasi atas kehadiran  Kampung UKM Digital di Tulungagung, sebagai upaya dalam pengembangan kinerja UKM memperluas akses pasar.

Dimana Tulungagung, tambah Menteri Puspayoga, memiliki potensi produk-produk unggulan yang bisa dikembangkan.

“Potensi yang luar biasa itu harus dikemas secara optimal dan dimanfaatkan bagi kepentingan ekonomi masyarakat Tulungagung. Pilihannya hanya dua, yaitu menangkap peluang yang ada atau menciptakan peluang,” pungkasnya.

RED
EDITOR : INTAN