Penjara Bandar Narkoba Disiapkan di Gunung Sindur Bogor

TANGKAS – Pemerintah menyiapkan penjara khusus untuk pidana bandar Narkoba yang jahat-jahat, yang mengatur peredaran narkoba, yaitu tepatnya berlokasi di Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly kepada wartawan mengatakan, di tempat itu nantinya para narapidana tidak akan bisa berkomunikasi ke luar, karena jalur komunikasi akan di jammed.

 “Saat ini, tim dari Kementerian Hukum dan HAM sedang melihat dulu kondisi tempatnya untuk diperiksa dulu. Jadi, sekarang tim sedang ke sana, sedang diperiksa dulu,” kata Menkumham kepada wartawan usai mengikuti Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (21/9).

Menurut Menkumham, pihaknya juga  akan berkoordinasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk pemindahan bandar-bandar narkoba tersebut. “Tempatnya sedang disiapkan semua,” terang Menkumham.

Kasus Gayus

Sementara itu saat ditanya mengenai narapidana Gayus Tambunan yang ‘kepergok’ sedang makan siang di suatu tempat, Menkumham Yasonna H. Laoly mengatakan, saat Gayus keluar itu ada pengawalan dari pihak Kepolisian (Polri) dan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan.

“Ada polisi, ada orang PAS, itu protapnya. Protapnya seorang narapidana yang mau diperiksa polisi, mau kalau misalnya izin ada keluarga meninggal itu protapnya ada polisi, ada orang PAS,” tegas Yasonna.

Namun demikian, Menkumham  menjelaskan bahwa hal itu sedang diteliti, dan jika ada pengawasnya yang bersalah maka pengawasnya akan diberikan tindakan.

Menkumham minta segera dalam minggu depan mengevaluasi hal tersebut.

NINGSIH – (EN/SLN/DID/AGG/ES)

EDITOR : DD BIN