Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Jadi PR Besar Bangsa Indonesia

TANGKASNEWS – Lulusan Perguruan Tinggi saat ini masih belum sesuai dengan kebutuhan Industri tanah air, sehingga diperlukannya suatu penyesuaian dan penyelerasan melaui berbagai porgram.

Seperti halnya, Presiden Jokowidodo didampingi Menteri Perindustrian , Airlangga Hartarto beberapa pekan lalu telah meluncurkan Program Pendidikan Vokasi Industri di Bekasi Jawa Barat.

Disisi lain, Direktur Ekskutif Puslapim, Willy Susilo mengutarakan peningkatan mutu pendidikan dan skill di perguruan tinggi masih menjadi PR besar dari bangsa Indonesia.

Menurut Direktur Institut Otomotif Indonesia (IOI) ini banyaknya jumlah perguruan tinggi di tanah air, seharusnya dapat meningkatkan daya saing bangsa.

“Realisasinya, kontribusi yang diberikan lulusan Perguruan tinggi masih jauh dari apa yang diharapkan dari industri dan konteks pembangunan saat ini,” tutur Willy dalam gelar Acara Diskusi dan Lokakarya yang bertajuk ” Strategi Percepatan Pengembangan Pendidikan Tinggi Berbasis KKNI dan SKKNI” di Jakarta, Selasa (7/8).

Willy menjelaskan guna menghasilkan lulusan Perguruan Tinggi yang berpotensi ada empat hal dasar yang perlu diperhatikan dalam penentuan Profesi lulusan.

Pertama, Visi misi Institutsi. Kedua, Regulasi Pendidikan. Ketiga , Pengguna Lulusan. Dan Terakhir adalah Organisasi Profesi.

“Keempatnya ini menjadi suatu input bagi perguruan tinggi dalam menentukan profil lulusan,” tegasnya.

RED
EDITOR: INTAN