Pengembangan Tenaga Listrik Era Jokowi Jauh Lebih Baik

TANGKASNEWS – Sekretaris Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Agoes Triboesono menyampaikan pengembangan tenaga listrik era kepemimpinan Presiden Jokowidodo lebih baik dari sebelumnya.

Oleh karena itu, imbuhnya, penawaran infrastruktur tenaga listrik, Indonesia lebih menarik dibandingkan dengan negara lainnya, misal di tingkat ASEAN.

Agoes dalam keterangannya membantah bahwa harga listrik di Indonesia menjadi termahal di dunia.

” jika ada penelitian tentang perbandingan harga listrik dan menempatkan Indonesia tarifnya paling mahal di dunia maka penelitian tersebut kurang valid atau belum jelas dalam melihat semua variabel yang dilibatkan,” terangnya.

Agoes memaparkan bahwa Harga jual listrik kepada masyarakat saat ini per Juli 2017 dibanderol kisaran Rp1.352 per kWh dibandingkan dengan Desember 2016, harga per kWh adalah Rp605. Apabila dibandingkan dengan Malaysia, Negeri Jiran tersebut memiliki harga jual listrik ke masyarakat sebesar Rp1.360 per kWh.

“Di ASEAN saja harga kita masih kompetitif, bagaimana bisa paling mahal di dunia? Itu tidak valid, tidak benar. Coba saja liat atau cek langsung di sumber-sumber resminya, pasti kita tidak termahal,” pungkasnya.

RED
EDITOR : Intan