Pemprov DKI Tunggu Kejelasan Status Lahan Kedubes Inggris

TANGKAS – Plt Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono mengatakan pihak Pemprov DKI akan tetap menunggu kejelasan terkait status lahan bekas Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris di didekat kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat.

“Semua pihak saya minta bersabar dulu, ini (lahan) akan kami tunggu kejelasan statusnya saja dari Kementerian Agraria. Sekarang saya sudah kirim tim dan minta kejelasan statusnya bagaimana,” tuturnya di Balai Kota, Selasa (13/12).

Soni dalam keterangannya menambahkan bahwa posisi status lahan tersebut milik pemerintah, maka pihak Pemprov DKI Jakarta akan membatalkan rencana pembelian lahan tersebut.

“Kalau memang statusnya (milik) pemerintah, ya kami stop tidak jadi beli. Tapi kalau statusnya siap ini milik kedubes Inggris, kita akan beli. Itu saja posisinya, makanya kita sedang memperjelas status lahan itu,” terangnya.

Perlu diketahui, berdasarkan informasi Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah mengatakan lahan eks Kedutaan Besar Inggris yang dibeli Pemerintah Provinsi DKI ternyata status lahannya dimiliki oleh pemerintah pusat.

Maka dari itu, Saefullah dalam keterangannya pekan lalu mengutarakan bahwa Kedubes Inggris harus bayar sewa, karena status tanahnya merupakan pemberian pemerintah.

Endha (BJ)

EDITOR : INTAN