Pemerintah Ucapkan Terima Kasih Kepada DPR Atas Pengesahan APBN 2017

TANGKASNEWS – “Kami atas pemerintah menyampaikan terima kasih dan penghargaan mendalam kepada pimpinan dan anggota Dewan atas persetujuan terhadap substansi dalam RUU tentang Perubahan APBN 2017 menjadi undang-undang.”

Demikian yang disampaikan Menteri Keuangan, Sri Mulyani dalam gelar konfrensi persnya di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta pada Kamis (27/7) sore.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPR yang mengesahkan RUU Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017 menjadi undang-undang.

Menkeu menjelaskan bahwa Postur RAPBNP 2017 yang disepakati tersebut mencantumkan target pendapatan negara sebesar Rp1.736,1 triliun dan pagu belanja negara sebesar Rp2.133,2 triliun.

Target pendapatan negara tersebut, imbuhnya dipenuhi dari penerimaan perpajakan sebesar Rp1.472,7 triliun, penerimaan negara bukan pajak sebesar Rp260,2 triliun dan hibah sebesar Rp3,1 triliun.

Untuk itu, Sri Mulyani mengutarakan target pendapatan didasarkan pada kinerja penerimaan perpajakan pada paruh pertama tahun 2017 serta memperhitungkan berbagai upaya.

“Target penerimaan perpajakan dengan tax ratio 11,5 persen ini diharapkan dapat menumbuhkan kepercayaan dan keyakinan masyarakat serta dunia usaha,” jelasnya.

Selain itu, Sri Mulyani juga mengatakan bahwa target pendapatan negara telah memperhitungkan optimalisasi penerimaan negara bukan pajak, khususnya sektor migas sesuai dengan indikator ekonomi makro yang telah ditetapkan.

Pasalnya Pemerintah, tegasnya, kebijakan dan alokasi di belanja negara dalam 2017 ini tetap diarahkan mendukung pembangunan infrastruktur dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan dan pengurangan kesenjangan.

RED
EDITOR : Intan