Pemerintah Resmi Bubarkan Ormas HTI

TANGKASNEWS – Tindak lanjut terbitnya Perppu Pembubaran Ormas Anti Pancasila Nomor 2 Tahun 2017 adalah berhasil membubarkan Ormas Islam Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Pernyataan ini ditegaskan oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Dirjen AHU Kemenkumham), Freddy Harris dalam keterangan persnya pada Rabu (19/7).

Freddy menambahkan jika perkumpulan atau ormas tidak memenuhi syarat administrasi maka Kemenkumham tidak akan memberikan SK pengesahan Badan Hukum perkumpulan atau ormas tersebut.

“SK pencabutan Badan Hukum perkumpulan atau ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), adalah tindak lanjut atas Perppu Pembubaran Ormas Anti Pancasila,” paparnya.

Freddy menegaskan dengan pencabutan SK Tersebut, maka Pemerintah akan memberikan sebuah sangsi tegas kepada perkumpulan atau ormas yang melakukan upaya atau aktivitas yang tidak sesuai dengan kehidupan ideologi Pancasila dan hukum NKRI.

“Pencabutan SK Badan Hukum HTI bukanlah keputusan sepihak. Melainkan hasil dari sinergi badan pemerintah. Yang berada di ranah politik, hukum, dan keamanan,” jelasnya.

Kendati demikian, Freddy menekankan Pemerintah memberikan menjamin kemerdekaan berserikat, berkumpul, dan berpendapat. “Salah satunya adalah dengan mempermudah proses pengesahan Badan Hukum perkumpulan atau ormas,” ujarnya.

“Selama Ormas tersebut tidak herseberangan dengan ideologi dan hukum negara di Indonesia,” pungkasnya.

RED
EDITOR : Intan