Pemerintah Nyatakan Sudah Saatnya Indonesia Gunakan Mobil Listrik

TANGKASNEWS – Pertumbuhan Industri Otomotif Nasional, menjadikan Pemerintah menyatakan sudah saatnya Indonesia menggunakan mobil listrik , dinilai lebih praktis dan ramah lingkungan dibandingkan dengan mobil berbahan bakar minyak (BBM).

“Kalau mobil listrik bisa segera hadir akan mengurangi emisi gas buang yang membuat udara menjadi lebih bersih,” ungkap Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonanacara Asian Youth Day ke-7 di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, Sabtu malam (5/8).

Jonan menilai banyak negara maju yang mulai meninggalkan penjualan mobil berbahan bakar hidokarbon dan beralih ke listrik, seperti dilakukan Pemerintah Inggris dan Prancis yang membuat kebijakan larangan penjualan kendaraan non-listrik untuk jalan raya mulai tahun 2040.

Mobil Listrik, imbuhnya, sebagai upaya modernisasi. “kita tidak bisa menghambat perkembangan zaman. Orang jadi punya pilihan mau pakai kendaraan dengan bahan bakar hidrokarbon atau listrik,” terangnya.

Untuk itu, tegasnya, penerbitan Perpres Percepatan Mobil Listrik oleh Presiden Jokowidodo suatu langkah yang tepat.

“Pak Presiden sudah menugaskan Kementerian ESDM membuat rancangan perpres-nya. Intinya agar mobil listrik itu bisa segera ada,” paparnya.

Menutup keterangannya, Jonan menekankan obil listrik akan bisa dipercepat masuk ke Indonesia, apabila biaya masuk dan pajak penjualan atas barang mewahnya bisa dihapus.

RED
EDITOR; INTAN