Pemerintah Akan Berikan Intensif Petugas Kawal Dana Desa

TANGKASNEWS – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo menyampaikan dalam waktu dekat pihaknya akan memberikan insentif kepada inspektorat daerah untuk mengawal dana desa di tingkat daerah.

Intensif Dana Desa, imbuhnya, diberikan karena telah mengawal aliran subsidi pemerintah tersebut sebagai tugas tambahan.

” Pemerintah akan memperkuat inspektorat di daerah, kepala dinas dan camat juga akan diperkuat. Tidak perlu membuat lembaga baru, cukup inspektorat saja yang diperkuat karena yang bermasalah jumlahnya lebih kecil,” terangnya di Jakarta, Rabu, (9/8).

“Kami masih mencarikan tambahan anggaran untuk inspektorat daerah, karena mengurusi dana desa ini termasuk tugas tambahan,” imbuh Mendes.

Untuk itu Eko meminta kepada untuk turut mengawasi dana desa tersebut sehingga tidak menimbulkan kasus yang tidak diinginkan.

“Jadi, kalau ada indikasi penyelewengan, segera laporakn ke satgas dana desa karena kami bekerja sama dengan pihak kepolisan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan kejaksaan. Kami sepakat, ini tidak main-main. Kalau ada potensi korupsi akan kita tangani. Kasus di Pamekasan bukan yang terakhir kalau tidak ditindak,” paparnya.

Mendes Eko menjelaskan bahwa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan didesa, pemerintah telah menggelontorkan Dana Desa hingg Rp 800 juta per tahun.

RED
EDITOR : Intan