Pemda DKI Diminta Segera Terbitkan Perda Pemberantasan Narkoba

TANGKASNEWS – Indonesia dinyatakan sebagai negara Darurat Narkoba, karena belakangan ini telah banyak beredar barang haram ini , khususnya di ibukota negara, Jakarta.

Untuk itu Direktur Eksekutif Gerakan Manifestasi Rakyat (Gamitra),‎ Sabam Pakpahan menegaskan Pemda DKI agar segera menerbitkan Perda pemberantasan Narkoba.

Perda ini, imbuhnya ditujukan sebagai langkah strategi khusus pemda dalam menangani dan memberantas Narkoba di Jakarta.

Sabam menjelaskan ada dua strategi khusus yang dapat dilakukan Pemda DKI untuk menangani peredaran Narkoba di ibukota, yakni strategi pengurangan terhadap permintaan (demand reduction) dan strategi pengurangan terhadap pasokan (supply reduction).”Namun demikian kedua strategi tersebut agar bisa berjalan efektif harus ada payung hukumnya, yaitu berupa Perda,” ujarnya di Jakarta pada Jumat (14/7).

Sabam menekankan saat ini telah ada UU Anti Narkoba yakni UU No.35/2009 Tentang Psikotropika dan obat obat terlarang beserta peraturan pemerintah yang mengaturnya. Akan tetapi UU tersebut belum mengatur soal pemberantasan penyalahgunaan narkoba di daerah khususnya di DKI Jakarta.

“Kalau Pemprov DKI serius menyelamatkan warganya dan khususnya generasi muda dari bahaya laten narkoba harus ada Perda khusus sebagai senjata kepastian hukum melawan narkoba. Gamitra bersama komponen warga Jakarta sudah menyiapkan konsep Raperdanya,” paparnya.

RED
EDITOR : INTAN