PDIP : Reshuffle Menguat, Koalisi Pemerintah Incar Dua Kursi Kementerian

TANGKASNews – Isu perombakan kabinet (Reshuffle) mulai menguat di kalangan Koalisi Pemerintah. Dua nama , Khofifah Indar Parawansa dan Airlangga Hartarto menjadi dasar kuat pihak istana untuk melakukan Reahuffle jilid III.

 

Politisi PDIP, Iwan Siswo mengatakan dua kursi pimpinan kementerian , baik kementerian sosial dan kementerian Perindustrian kini tengah menjadi incaran para partai koalisi pemerintah.

 

Kedua Menteri ini, ujar Iwan , memang sudah patut dicarikan penggantinya didalam kabinet , lantaran terbenturan aturan yang telah ditegaskan oleh Presiden Jokowi diawal kepemimpinannya.

 

“Untuk Mensos Khofifah harus mundur lantaran ikut Pilgub Jatim dan Airlangga Hartarto dikarenakan telah memegang jabatan baru menjadi Ketua umum Golkar, ” paparnya.

 

Untuk itu Iwan Siswo memastikan saat ini partai pendukung pemerintah tengah berupaya melakukan lobi lobi politik guna menempatkan kadernya di kursi kementerian yang akan diganti pihak istana.

 

“Mereka (koalisi pemerintah) berharap dalam reshuffle III nanti ada para kadernya yang mendapatkan bagian dalam kursi kementerian, ” .

 

Kendati demikian, Iwan menegaskan Reshuffle Kabinet kerja itu merupakan hak prerogratif Presiden Jokowi. ” Tapi melihat kondisi politik saat ini kemungkinan besar Reshuffle III ini akan segera dilaksanakan, ” ucapnya.

 

Karena Reshuffle ini, tutur Iwan , juga menjadi ajang konsolidasi Jokowi dalam mempersiapkan strategi menghadapi Pilpres 2019. ” Reshuffle kabinet juga untuk penyegaran dan tahap evaluasi kinerja para menteri pembantu pemerintH, ” pungkasnya.

 

Red

Editor : Intan