PDIP : Pilpres 2019, Puan Maharani Belum Pantas Dampingi Jokowi

TANGKASNews – Putri Presiden Kelima RI, Puan Maharani mempunyai status yang sama dengan Putra Presiden Keenam RI, Agus Harimurti Yudhoyono untuk dijadikan Cawapresnya Jokowi, yakni sama sama belum mempunyai jam terbang dalam hal berpolitik.

 

Untuk itu , Politisi PDIP, Iwan Siswo mengatakan Pilpres 2019 mendatang Puan Maharani belum pantas untuk mendampingi Jokowidodo.

 

” Duet Jokowi – Puan dalam Pilpres 2019 kemungkinan akan mengalami penolakan dari partai koalisi,” ujar Iwan di Jakarta, Selasa (13/3) di Jakarta.

 

Iwan menambahkan duet Jokowi – Puan hanya diterima dari partai PDI Perjuangan saja , karena keduanya sama sama kader partai.

 

“PDIP engga bisa maju sendiri harus berkoalisi Parpol lain kemudian yang maju dua-duanya kader. Ini akan mengalami kesulitan berkoalisi Parpol lain. Karena Parpol lain kan ikut menyodorkan cawapres masing-masing,” terangnya.

 

Selain itu penulis buku Trisakti Bung Karno ini mengutarakan nama Puan Maharani dimata publik belum begitu populer, karena trak rekor dalam memimpin Kementerian belum menunjukan hasil yang gemilang. “Karena sosok Puan ini belum dikenal luas publik. Selain itu, juga karena masih membawa trah Soekarno,” jelasnya.

 

Sehingga dari alasan tersebut, Iwan mengungkapkan bahwa sosok Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dinilai tidak akan mampu mendongkrak elektabilitas Jokowi dalam Pilprez 2019.

 

Meski demikian , Iwan menjelaskan jika PDIP memaksakan alias ngotot agar Puan Maju menjadi Cawapresnya Jokowi, maka partai berlambangkan banteng moncong putih ini harus kerja ekstra keras untuk dapat menaikan elektabilitas Puan sehingga akan berdampak dengan posisi Jokowi sebagai Capres.

 

” Jika PDIP ngotot Cawapres-nya dari PDIP. Bisa saja akhinya diusung Parpol lain paling tidak ada 5 Parpol tanpa PDIP, 4 sisa itu bisa ngusung Jokowi, peluang menang pasti ada. Karena itu, perlu kerja keras PDIP mengusung Mba Puan jadi Cawapres Jokowi,” jelasnya.

 

Iwan menekankan jika bisa, PDIP tidak memaksakan untuk Puan Maharani maju menjadi Cawapresnya Jokowi, karena masih banyak kandidat lainnya yang mempunyai elektabilitas dan prestasi tinggi serta digemari publik untuk layak menjadi pendamping Jokowidodo.

 

“Misalnya seperti Mahfud MD, Cak Imin, dan kader partai koalisi lainnya, ” pungkasnya.

 

Sebelumnya, Ketua Umum Relawan Dua, H Made Dzakir juga menyarankan agar PDIP tidak memaksakan Puan Maharani maju menjadi Cawapresnya Jokowi.

 

Red

Editor : Intan