PDIP : KPK Tidak Berani Usut SBY Dalam Kasus E KTP, Bubarkan Saja

TANGKASNews – “Saya hanya sebatas itu saja. Saya tidak mempunyai kekuatan untuk menyetop program e-KTP ini. Tapi saya sudah sampaikan itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atas saran dari Pak Yusnan karena katanya ada masalah.”

 

Demikian yang ditegaskan mantan Wakil Ketua Badan Anggaran DPR dari Fraksi Demokrat Mirwan Amir dalam kesaksian di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (25/1).

 

Menanggapi hal ini, politisi PDIP, Iwan Siswo mengatakan sekarang tinggal menunggu kebernian dari Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) untuk menindak lanjuti atas pengakuan saksi Mirwan Amir dalam pusaran Kasus E KTP tersebut.

 

“Berani atau tidak KPK mengusut dan melakukan pemanggilan kepada SBY terkait kasus Korupsi E KTP, ” ujar Iwan di jakarta, Kamis (15/2).

 

Menurutya, pengakuan Mirwan Amir dalam sidang akhir bulan lalu tersebut sudah jelas menunjukan keterlibatan Presiden Keenam RI ini dalam kasus mega korupsi EKTP.

 

Karena dalam keterangan Mirwan Amir dalam sidang , imbuhnya, menyebutkan dirinya telah menyampaikan kendala proyek E KTP kepada SBY di puri Cikeas saat itu, namun laporan tersebut dimentahkan dengan alasan jelang Pilkada.

 

“Tanggapan SBY bahwa ini menuju pilkada, bahwa proyek ini harus diteruskan,”  tegas Mirwan Amir dalam persidangan.

 

Untuk itu , Iwan Siswo menghimbau kepada KPK untuk menunjukan dedikasi dan kredibilitasnya sebagai lembaga antirasuah di tanah air dengan tidak tebang pilih dalam menegakan keadilan.

 

“Dengan keterangan yang jelas dan lugas tersebut, KPK seharusnya berani dong memanggil dan memin tai keterangan SBY dalam kasus E KTP,” ungkapnya .

 

” Masalahnya ini menyangkut performansi lembaga penegak hukum di Indonesia. Jika Tidak berani usut SBY, lebih baik KPK dibubarkan saja, ” paparnya.

 

KPK, tuturnya, jangan hanya berani mengungkap kasus korupsi recehan saja, dengan melakukan OTT para kepala daerah.

 

Kendati demikian PDIP, tegasnya memberikan apresiasi atas kinerja KPK selama ini dengan berupaya memberantas para koruptor . “Saya akui kinerja KPK sudah bagusb untuk menangani kasus korupsi level bawah, namun ini saatnya KPK untuk dapat menunjukan taringnya membongkar mega korupsi  E KTP, ” pungkasnya.

 

Red

Editor : Intan