Pantau Arus Mudik Lebaran 2017, Jasa Raharja Pasang RTMS

TANGKASNEWS – Mengantisipasi kemacetan jelang arus mudik Lebaran 2017 yang akan dimulai pada pekan depan, PT Jasa Marga memasang sebuah alat canggih yang disebut dengan Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS).

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan bahwa RTMS ini merupakan alat pantu jarak jauh guna mendeteksi dan mengukur arus lalu lintas di wilayah tertentu.

Dwimawan menambahkan RTMS jenis G4 (RTMS G4) merupakan alat berupa radar tiang kecil yang dipasang di band microwave dengan menyediakan informasi per jalur serta informasi volume, hunian, kecepatan, dan klasifikasi di 12 zona deteksi yang ditentukan pengguna.

Informasi Output RTMS G4, terangnya, rikan kepada pengendali melalui penutupan kontak dan sistem komputasi lain oleh port serial, port komunikasi IP, atau modem radio opsional. RTMS tunggal dapat mengganti beberapa detektor loop nduktif dan pengontrol petugas.“Jasa Marga akan menggunakan RTMS pada musim mudik Lebaran besok,” ucapnya.

Dwimawan menuturkan dalam RTMS G4 terdapat delapan apilkasi diantaranya; aplikasi deteksi blok tengah untuk persimpangan (sistem, deteksi dini), sistem manajemen lalu lintas dan deteksi kecelakaan lalu lintas, informasi perjalanan dan waktu tempuh, ramp metering, antrean deteksi, sistem keamanan zona kerja, stasiun penghitung lalu lintas tetap dan mobile, serta penggantian loop. ” Stasiun deteksi kabinet yang ramping ini mudah diintegrasikan dalam sistem apa pun, apakah kontrol sinyal perkotaan atau manajemen lalu lintas jalan raya,” paparnya.

RED
EDITOR : INTAN