Naik Bale Bengong, Presiden Jokowi Lepas Pawai PKB 2018

TANGKASNews – Gubernur Bali, Made Mangku Pastika menyampaikan Presiden Jokowidodo dipastikan akan melepas pawai budaya Pesta Kesenian Bali (PKB) XL 2018 di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali ‘Bajra Sandhi’, Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Denpasar, Sabtu (23/6).

 

Mangku pastika menambahkan sebelumnya Presiden Jokowi akan memberi kuliah umum di ISI Denpasar, kemudian kunjungan pertemuan dengan para pelaku UMKM.

 

“Besok , Pak Presiden dijadwalkan tiba jam 7 malam. Presiden akan menginap semalam. Besoknya (Sabtu) Pak Presiden akan memberi kuliah umum di ISI Denpasar, kemudian kunjungan pertemuan dengan para pelaku UMKM. Setelah itu, siang sampai sore beliau  mengikuti pawai budaya PKB,”  tutur Mantan Kapolda Bali di Denpasar, Jumat (22/6).

 

Pembukaan PKB 2018 yang mengusung tema Teja Dharmaning Kauripan, Api Spirit Penciptaan’, sambungnya, akan ditandai dengan pelepasan anak panah dengan dilanjutkan atraksi dilanjut dengan tari kebesaran PKB, yakni ‘Siwanataraja’ dan ‘Ketug Bhumi’ persembahan ISI Denpasar.

 

Sedangkan Kadis Kebudayaan Provinsi Bali, Dewa Putu Beratha mengatakan ada 17 kontingen yang akan turut meramaikan pawai budaya PKB 2018. “Ada 17 kontingen yang ikut, terdiri dari kabupaten/kota se-Bali, Jepang, China, ISBI Papua, Sunda Kecil, Marching Band Unud, dan Marching Band Unwar. Kemarin sudah kita sepakati dari start sampai depan panggung kehormatan, berdurasi 10 menit,” paparnya.

 

Dewa Putu Bratha menuturkan Presiden Jokowi akan menaiki kendaraan hias yang mengusung tema “Bale Bengong” dengam didampingi Ibu Negara, Iriana Jokowi, Gubernur beserta Nyonya, dan dua ajudannya.

 

“Sedangkan mobil hias kedua khusus untuk para menteri, sementara mobil hias ketiga untuk awak media. Nantinya, mobil awak media diletakkna paling depan untuk bisa melihat dan meliput Pak Presiden yang sedang menyapa masyarakat. Akan ada sekitar 20-25 orang awak media di mobil tersebut,” ujarnya.

 

Mobil hias itu akan berisi sejumlah ukiran Bali, di setiap pojoknya akan ada ukiran karang goak. Mobil juga dilengkapi dengan hiasan dua naga, yang akan menjadi tangga bagi Bapak Presiden untuk naik ke mobil,” sambungnya.

 

Pelepasan pawai rencananya dilaksanakan mulai pukul 14.00 Wita dan pawai akan berlangsung maksimal selama 2,5 jam. Sementara acara pembukaannya digelar di Panggung Terbuka Ardha Candra Taman Budaya Denpasar mulai pukul 20.00 Wita.

 

Kendati demikian, Presiden Jokowi dan Ibu Negara akan hadir saat pelepasan Pawai Budaya PKB 2018 saja. Sedangkan acara malam harinya, dikabarkan kepala negara berhalangan hadir dikarenakan ada tugas negara lainnya.

 

Red

Editor : Intan